Penjelasan Mengapa Kita Semua Menua?

old-man

Semua benda pasti akan menjadi lapuk pada akhirnya, begitu pun juga dengan kita, pasti akan mengalami penuaan, tak terkecuali. Sekarang pun, beberapa jam lagi, beberapa hari dari sekarang proses penuaan pun sedang dan akan terjadi pada kita. Penuaan adalah hal yang alami dan bukanlah sebuah penyakit. Tampaknya terdapat dua aspek dari penuaan : pengaruh genetika dan pengaruh lingkungan. Penuaan, sebagian besar berada di bawah kontrol genetik. Banyak ilmuwan mengatakan bahwa kita secara genetik diprogram untuk meninggal dalam waktu kurang dari seratus tahun.

Sel-sel individual dari tubuh kita memiliki rentang hidup yang berbeda-beda. Sel-sel perut bertahan sekitar dua hari, sel darah merah 120 hari, sel-sel tulang sekitar tiga puluh tahun, dan beberapa sel-sel otak seumur hidup. Namun sel-sel ini memperbanyak diri sebelum mereka mati, secara keseluruhan organisme memiliki rentang hidup yang terbatas. Tidak peduli seberapa baik kita menjaga diri kita sendiri, tubuh kita tetap menjadi usang, semua sistem di dalam tubuh pada akhirnya akan di matikan, lalu kemudian manusia pun meninggal.

Aspek lain dari  proses penuaan,  yaitu lingkungan atau interaksi kita dengan lingkungan tempat kita hidup, sebagian besar merupakan akumulasi dari perubahan, atau mutasi di DNA kita. Hal ini menyebabkan hilangnya kapasitas metabolik; sel-sel otot dan kulit perlahan-lahan kehilangan kemampuan mereka untuk beregenerasi seiring dengan berjalannya waktu.

Kabar baiknya adalah kita memiliki beberapa kontrol  terhadap proses penuaan yang terjadi pada diri kita. Diet yang baik, menghindari alkohol, menjauhi tembakau, menghindari paparan sinar ultraviolet (matahari) yang berlebihan, dan olahraga. Semua hal tersebut berkontribusi untuk memperlambat proses penuaan yang terjadi.

Kira-kira, berapakah rentang usia makhluk hidup dan hal lainnya?.  Pohon sequoia akan hidup selama 2500 tahun. Tikus biasanya hidup kurang dari empat tahun.  Lalat memiliki rentang hidup sekitar dua puluh lima hari. Bedah kecantikan baik selama sepuluh tahun. Pensil akan menulis 45,000-50,000 kata.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s