Seberapa Cerdaskah Lumba-lumba?

bayi-dolphin-lucu

Lumba-lumba umumnya dianggap sebagai hewan yang paling cerdas di seluruh kerajaan hewan, dan lumba-lumba hidung botol dianggap spesies yang paling cerdas diantara kelompok lumba-lumba lainnya. Secara alami lumba-lumba suka berteman dan bersosial , yang merupakan indikasi dari kecerdasan. Mereka hidup di sekolah-sekolah dan berkomunikasi dengan serangkaian suara-suara siulan dan bunyi klik yang rumit , juga menggunakan sonar ultrasonik untuk berkomunikasi dan menemukan makanan.

Mereka mampu membentuk ikatan yang kuat satu sama lain. Lumba-lumba sering merasa nyaman dengan adanya kehadiran manusia dan telah diketahui melindungi manusia dari serangan hiu. Mereka memiliki kemampuan yang tinggi untuk belajar dan mampu melakukan atraksi akrobatik yang luar biasa di dalam air. Diperkirakan bahwa mereka melakukan hal tersebut sebagai cara untuk bermain, sehingga  mereka dapat dengan cepat dilatih oleh manusia untuk melakukan pertunjukan bagi  penonton.

Lumba-lumba juga telah digunakan untuk bekerja sama dengan anak-anak difabel, sedangkan organisasi militer telah menempatkan mereka untuk bekerja  mencari ranjau dan operasi penyelamatan. Lumba-lumba juga telah dikenal memandu kapal melewati karang-karang yang  berbahaya.

Ukuran otak hewan sering merupakan indikasi tingkat kecerdasan. Otak lumba-lumba berkuran besar, pada kenyataannya lobus bagian depan yang merupakan daerah pada  otak yang diduga berhubungan terutama kepada kecerdasan, berukuran  lebih besar daripada manusia.

Otak mereka juga memiliki korteks yang sangat terstruktur. Lumba-lumba mampu mengenali bahasa isyarat yang digunakan oleh manusia dan dapat mengenali dirinya sendiri di dalam cermin, menunjukkan tingkat kesadaran diri yang sangat jarang terjadi pada hewan dan dianggap sebagai ciri-ciri kecerdasan. Saat ini pengujian kecerdasan lumba-lumba masih terus dilakukan, akan tetapi terbatasi dengan biaya penelitian dan kesulitan-kesulitan yang terlibat di dalam proses pengujian.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s