Mengapa Horizon Terlihat Seperti Menyentuh Permukaan Bumi? (Ilusi Ponzo)

langit-horizon

Dunia yang kita tempati adalah tempat yang indah dan menakjubkan. Dan kadang-kadang apa yang kita lihat dapat menyesatkan kita. Bagaimana bisa langit bertemu dengan bumi? Pertama-tama, mari kita setuju bahwa horizon adalah garis di mana langit dan bumi tampak bertemu.

Anak-anak sering menggambar garis langit yang biru dan garis tanah berwarna coklat dengan beberapa gambar tokoh yang belum sempurna  di atasnya, tapi sisa halaman tersebut berwarna putih. Mereka tidak menggambar langit yang biru tersebut dengan menyentuh tanah. Sehingga, guru-guru kadang mengajak siswa-siswi muda ke luar ruangan dan  menunjukkan kepada mereka bahwa langit itu menyentuh tanah.

Jadi tidaklah mudah mempercayai apa yang kita lihat. Kita melihat ke atas dan melihat langit. Tapi di kejauhan langit tampak bertemu dengan bumi. Ini semua hanyalah masalah perspektif. Dahulu, orang-orang di pantai akan mengamati kapal yang meninggalkan dermaga dan berlayar. Hal terakhir yang hilang di atas horizon adalah puncak-puncak tiang, yang merupakan petunjuk bahwa bumi itu bundar, atau berbentuk bulat.

ilusi-ponzoAlam bisa menipu kita dengan cara yang lain juga. Bulan tampak sangat besar manakala terbit di atas horizon tapi tampak jauh lebih kecil kalau sudah tepat di atas kepala kita. Ini adalah akibat dari ilusi Ponzo yang terkenal. Otak menafsirkan bagaimana kita melihat : langit tampak  jauh manakala mendekati horizon, dan tampak lebih dekat manakala mendekati puncaknya, atau saat langit tepat di atas kepala . Kita menyadari hal ini pada hari yang berawan. Awan di atas kepala mungkin beberapa ribu meter jauhnya, tapi didekat horizon mereka mungkin ratusan mil jauhnya. Langit tampak berbentuk seperti mangkuk . Bulan di horizon ditafsirkan oleh otak sebagai  benda yang lebih jauh jaraknya. Karena  ukurannya yang sama seperti kalau sudah pada puncaknya, otak menggambarkan bahwa hal itu  secara fisik harus lebih besar. Jika tidak, jarak akan membuatnya terlihat lebih kecil.

ilusi-ponzo-jarak

Dan rel kereta api tampaknya menyatu dan datang bersama-sama ketika kita berdiri di antara rel dan melihat ke bawah trek. Seperti jarak benda”‘meningkat”, ukuran gambar mereka pada retina mata pun berkurang, sampai benda-benda terjauh tampaknya bertemu di apa yang disebut titik hilang. Objek tampak begitu kecil sekali, mereka tidak lagi terlihat oleh mata. Jadi garis paralel, seperti rel kereta api, dianggap berjalan bersama-sama sampai mereka bertemu, atau bertemu pada titik hilang.

Ada rumus yang memberitahu kita seberapa jauh kita dapat melihat ke cakrawala. Dengan kata lain adalah bahwa kita dapat menghitung seberapa jauh cakrawala. Jarak ke cakrawala sama dengan 90 kali akar kuadrat dari jarak, dalam mil, antara mata Anda dan tanah di bawah Anda. Jadi jika Anda pergi ke puncak Menara dengan tinggi 1.450 kaki, maka cakrawala/ horizon sekitar 50 mil dari Anda.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s