Mengapa Bumi itu Bulat?

arah-rotasi

Semua planet berbentuk bulat karena gravitasi. Gravitasi adalah gaya yang diberikan ke dalam, menuju pusat planet sehingga semua bagian permukaan ditarik secara merata ke tengah. Hasilnya adalah sebuah bulatan, atau bola. Ketika Bumi dan planet-planet lain sedang terbentuk, gravitasi mengumpulkan semua gas dan debu menjadi lebih besar dan terbentuk gumpalan yang lebih besar lagi. Tumbukan membuat bahan-bahan tersebut menjadi panas dan meleleh, dan gravitasi menarik semuanya menuju ke dalam sebanyak mungkin untuk membuat bulatan. Nantinya, semua bahan cair mendingin dan mengeras dalam bentuk-bentuk bulatan ini.

Planet bukanlah berbentuk bola yang sempurna. Setiap massa yang berputar ingin melemparkan massa ke arah luar, sejauh mungkin dari pusat rotasi. Memiliki bentuk orbit seperti  bentuk laso, atau tali penjerat ternak.  Rotasi planet menyebabkan  tonjolan keluar , lebih banyak di area khatulistiwa. Bumi mendekati bentuk  bulatan, tapi tidak cukup bulat. Tonjolan yang disebabkan oleh berputarnya bumi,  membuatnya 26 mil lebih jauh dari satu titik ke titik yang berlawanan di khatulistiwa daripada dari kutub ke kutub.

Arah Rotasi Bumi

Jupiter melebar atau pepat sekitar 7 persen. Hal Ini menunjukkan bahwa adanya  jarak yang sangat  besar di sekitar khatulistiwa Jupiter  daripada disekitar kutubnya. Jupiter adalah planet yang  besar, sekitar 320 kali massa Bumi. Berputar sekali pada porosnya dalam waktu sekitar sepuluh jam. Anda dapat melihat Jupiter melalui teleskop kecil dan melihat bahwa Jupiter itu tidaklah bulat. Dan Anda dapat menggunakan  foto Jupiter dari  NASA untuk mengukur perbedaan antara diameter kutub dan diameter khatulistiwanya.

lampukecil-21Jika di bumi kita mempunyai gunung yang tinggi dan lembah-lembah, tidak ada gunung di Jupiter, karena Jupiter merupakan kumpulan gas raksasa. Tekanan disana pun sangat luar biasa, jauh melebihi bumi. ^_^

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s