Bumi itu Berputar Ke Arah Mana ya?

Arah Rotasi Bumi

Bumi berputar berlawanan dengan arah jarum jam, sebagaimana terlihat dari atas. “dilihat dari atas” artinya dari posisi di atas Kutub Utara. Rotasi bumi sangat penting untuk semua aspek kehidupan, karena ketika Bumi berputar pada porosnya, setiap bagian dari planet ini memiliki kesempatan untuk menghadap Matahari dan menerima kehangatan pada interval yang berulang dalam waktu yang relatif singkat.

Kita bisa menelusuri rotasi bumi kembali seperti saat  bintang dan planet-planet  lahir. Sebuah bintang yang baru lahir mengumpulkan piringan debu dan gas di sekitarnya, serta  gravitasi bintang mengatur debu dan gas untuk berputar. Piringan tersebut berawal dari sebuah massa gas  yang besar dan likuid yang mencair. Pada bagian pusatnya menjadi Matahari, dan cincin bagian luar dan gumpalan materi dingin memadat membentuk padatan. Setiap gumpalan yang berada di dalam massa debu dan gas yang lebih besar dan berputar akan memiliki rotasi mereka sendiri.

Gumpalan tersebut membentuk planet-planet. Karena setiap gumpalan jatuh pada dirinya sendiri, volumenya menurun dan kepadatannya meningkat, menyebabkan berputar lebih cepat dan lebih cepat, konsep gerak ini  dikenal sebagai “kekekalan momentum sudut.” Kita mengetahui bahwa pemain seluncur atau skater memanfaatkan prinsip ini ketika mereka meletakkan lengan mereka lebih dekat ke tubuh mereka untuk mempercepat tingkat putaran mereka.

Karena ruang angkasa hampa, tidak ada kekuatan atau gesekan yang ada untuk menghentikan rotasi. Matahari dan planet-planet akan terus berputar selamanya. Ketentuan ini telah dijabarkan oleh Newton, dalam hukum kelembaman atau inersia yaitu : objek yang dalam gerakan cenderung untuk tetap bergerak, hingga ada gaya yang menyebabkannya berhenti, berubah arah atau berubah kecepatan.

tidal-bulanGravitasi Bulan mempengaruhi rotasi bumi. Hal ini menyebabkan perairan laut untuk menyapu pantai dan mundur menjauh dari pantai. Gesekan pasang surut ini memperlambat rotasi Bumi. Karena Bulan, rotasi bumi melambat sekitar satu milidetik (0,0015 detik) per tahun. Sekitar,  setiap delapan belas bulan sebuah lompatan kedua ditambahkan untuk menjaga waktu planet kita agar konsisten dengan jam atom dan pengamatan astronomi. Pada masa dinosaurus, satu hari itu sekitar dua puluh tiga jam.

Untuk menebus laju rotasi yang  lebih lambat, Bulan bergerak menjauh dari Bumi sekitar 1,5 inci per tahun. Sebagaimana waktu untuk rotasi Bumi bertambah lebih lama, Bulan meningkatkan radius orbitnya. Hal ini sama dengan perumpamaan sosok-pemain seluncur seperti penjelasan di atas tetapi secara terbalik: rotasi yang lambat, maka lengan keluar.

Kita dapat berpikir tentang Bumi dan Bulan sebagai sebuah sistem. Tubuh pemain seluncur adalah Bumi, dan lengan adalah Bulan. Sebagaimana pemain seluncur (Bumi) yang melambat, maka lengan (Bulan) menjauh dari pemain seluncur.

lampukecil-7

Jutaan tahun dari sekarang, Bulan akan terlihat lebih kecil di langit dan satu hari akan menjadi 25 atau 26  jam. Kita semua akan memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan berbagai hal, bermain layang-layang sampai sore mungkin ^_^

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

2 thoughts on “Bumi itu Berputar Ke Arah Mana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s