Apa Sih Genetika Itu?

Mengapa orang terlihat berbeda satu sama lain? Mengapa kucing berbeda dengan anjing? Jawabannya terletak pada gen, instruksi biologis yang mengontrol bagaimana setiap makhluk hidup muncul, bagaimana fungsinya, bagaimana reproduksinya, dan bahkan bagaimana perilakunya.

GenetikaGen ditemukan di dalam sel-sel tubuh dan diturunkan, atau diwariskan, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Anda mungkin mewarisi lesung pipit dari ibu atau kemampuan untuk menggulung lidah dari ayah. Fitur-fitur atau ciri-ciri ini ditentukan oleh kombinasi gen yang berbeda untuk setiap anak.

Meskipun setiap individu adalah unik, sebagian besar gen sifatnya umum untuk setiap orang di bumi. Bahkan, manusia berbagi banyak gen yang sama dengan spesies hewan, seperti lalat buah yang sederhana hingga sepupu terdekat kita, simpanse.

Studi tentang gen adalah cabang dari biologi yang disebut genetika, dan ilmuwan yang mempelajari bagaimana gen diwariskan dan bagaimana mereka mengendalikan sifat disebut genetikawan. Meskipun bidang genetika bermula dari pertengahan 1800-an, sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang gen dipelajari hanya dalam beberapa dekade terakhir.

Teknologi baru yang dikembangkan untuk mempelajari gen membantu ilmuwan memahami keragaman kehidupan di planet kita. Alat genetik ini juga membantu dokter mendiagnosa dan mengobati penyakit yang sebelumnya tidak dapat disembuhkan, membantu polisi dalam penyelidikan kejahatan, dan memberikan kemampuan pada para peneliti untuk merancang tanaman pertanian yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s