Beberapa Contoh Penyakit di Lingkungan dan Pekerjaan

Beberapa pekerjaan tertentu dikenal berbahaya. Pekerja tambang dapat menderita penyakit paru-paru yang disebut silikosis dari menghirup debu batu. Pekerja di pabrik asbes juga bisa menderita penyakit paru-paru yang disebut asbestosis. Juga, mereka dapat mengembangkan jenis kanker paru-paru yang tidak biasa.

PolusiPestisida yang digunakan untuk melindungi tanaman pangan dari serangga bisa saja meracuni pekerja manufaktur dan pertanian. Racun ini juga dapat membahayakan masyarakat jika langkah-langkah keamanan yang tepat tidak dilakukan.

Pekerjaan biasa dalam kehidupan sehari-hari juga memiliki bahayanya sendiri. Gerakan yang berulang, seperti yang diperlukan untuk mengoperasikan alat-alat listrik atau mengetik di keyboard, dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Tendon menjadi sakit dan menebal. Mereka menekan saraf, menyebabkan nyeri pada tangan dan pergelangan tangan.

Mobil, pabrik, dan tungku rumah semua membakar bahan bakar dan mengirim partikel jelaga dan berbagai gas ke udara. Gas-gas ini termasuk karbon monoksida, hidrokarbon, dan oksida sulfur dan nitrogen. Polusi udara ini dapat berkontribusi pada penyakit emphysema, alergi, dan kanker paru-paru.

Pabrik juga dapat menghasilkan limbah beracun padat atau cair. Limbah ini kadang-kadang dibuang ke sungai dan lautan atau dikubur di bawah tanah. Logam berat seperti merkuri, timbal, dan kadmium adalah polutan berbahaya. Mereka dapat merusak otot dan saraf jika terhirup atau masuk ke dalam makanan yang kita makan.

Polutan ini bisa ada dalam jumlah yang sangat kecil di dalam tanah atau dalam air. Tapi mereka dapat terkonsentrasi berkali-kali oleh rantai makanan. Polutan adalah yang pertama diambil oleh tanaman atau mikroorganisme. Organisme ini kemudian dimakan oleh hewan. Dan hewan-hewan ini kemudian dimakan oleh hewan lainnya atau manusia. Setiap makhluk dalam rantai makanan menyimpan lebih banyak polutan dalam jaringan tubuhnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s