Apakah Telepati itu Nyata?

Sistem Kerja Telepati

PEI, atau Persepsi Ekstra-Inderawi, adalah kemampuan untuk mengetahui sesuatu dengan cara diluar dari lima indera kita. Clairvoyance adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang lokasi sesuatu atau beberapa peristiwa fisik di luar indera normal. Psikokinesis, atau telekinesis, adalah kemampuan menggerakan sebuah objek dengan kekuatan pikiran.

Telepati pikiran, atau membaca pikiran, adalah komunikasi dengan cara diluar panca indera kita. “Paranormal” merupakan istilah umum untuk semua fenomena yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah , yang banyak terjadi di sekitar kita. Bukti kuat dari setiap kekuatan paranormal sangatlah sulit dipahami, sebagian besar bukti  bersifat anekdot. Tampaknya tidak ada kasus yang telah diterima secara ilmiah mengenai telepati pikiran, meskipun banyak tes ilmiah yang telah dilakukan.

Banyak orang telah memiliki “pengalaman telepati” di beberapa titik waktu. Seorang ibu yang langsung menyadari bahwa anaknya telah tewas dalam peperangan. Seseorang yang memiliki perasaan yang kuat bahwa teleponnya akan berdering, dan hal itu terjadi. Seseorang yang berpikir tentang temannya yang sudah tidak bertemu selama beberapa tahun, dan kemudian mereka berpapasan satu sama lain di supermarket. Apakah ini kasus  telepati pikiran atau kebetulan yang acak? Para ilmuwan tampaknya tidak bisa menjelaskan dengan tes ilmiah yang berulang-ulang untuk mengkonfirmasi atau mengingkari fenomena ini.

Ada beberapa orang yang mengklaim mereka dapat menggerakan atau menekuk benda dengan hanya menggunakan pikiran mereka. Uri Geller, seorang warga Israel-Inggris, terkenal sebagai penekuk sendok, namun Geller telah terbukti malkukan penipuan. Menekuk sendok adalah trik panggung yang umum. Geller tidak bisa menekuk peralatan makan apapun pada penampilan Johnny Carson pada tahun 1973. Carson, adalah seorang pesulap amatir, yang memahami  tentang trik-trik.

Jadi akan selalu ada orang-orang yang berpikir bahwa bigfoot itu ada  atau monster Loch Ness saat ini masih hidup di danau, atau  adanya UFO yang mendarat di Roswell. Ada orang yang percaya bahwa pendaratan di bulan itu palsu. Beberapa masih berpikir bahwa bumi itu datar. Banyak yang harus dilakukan dengan apa yang orang ingin percayai. Dan hal-hal yang bersifat misteri menimbulkan kesan tersendiri.

Bagaimana dengan telepati pikiran? Mungkin ada sesuatu untuk itu. Tapi untuk saat ini, tidak ada sedikit pun bukti kuat bahwa seseorang dapat mengetahui apa yang orang lain pikirkan.

lampukecil-34

Telepati, berasal dari  bahasa Yunani, Tele yang berarti “Jauh”, dan Patheia, yang berarti “Perasaan”.

Advertisements

One thought on “Apakah Telepati itu Nyata?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s