Bagaimana Behel Bisa Membuat Gigi Anda Lurus?

Behel Mempercantik Gigi

Behel memiliki dua hasil: Behel membuat gigi Anda lurus, dan  membuat orang tua Anda mendapatkan tugas kedua yaitu membayar biaya pemasangannya ^_^

Sebenarnya, gigi lurus membantu seseorang secara efektif untuk menggigit, mengunyah, dan berbicara. Gigi yang selaras dengan benar cenderung terlihat lebih baik dan bekerja lebih baik. Gigi yang lurus juga bisa mencegah kerusakan dengan memberikan plak tempat yang  lebih sedikit untuk bersembunyi.

Plak yang mengganggu tersebut dapat menyebabkan gingivitis atau penyakit yang lebih serius yaitu periodontal (gusi)

Gigi depan yang menonjol memiliki peluang yang baik untuk menjadi rusak atau retak dalam kecelakaan. Gigi yang bengkok dapat menyebabkan kerusakan abnormal pada permukaan gigi, ketidakselarasan sendi pada rahang, leher dan nyeri pada wajah, dan bahkan sakit kepala.

Senyum yang menarik adalah efek samping positif memiliki gigi yang lurus, memperkuat harga diri dan kepercayaan diri. Gigi yang baik dapat menjadi pendorong sosial dan karir.

Jadi bagaimana cara kerja behel ? Behel menempatkan tekanan terhadap gigi, yang membuat gigi-gigi secara bertahap bergeser selama periode waktu tertentu.

Tekanan berasal dari “kawat lengkung” yang terpasang pada behel yang bekerja pada bagian luar gigi. Gigi atas dan gigi bawah membentuk lengkungan yang terpisah. Kawat lengkung tersebut lentur, dan ketika melekat di behel pada gigi, maka menjadi berubah bentuk atau bengkok sepanjang jalur dari gigi yang tidak rata, dan karena itu memberikan tekanan lembut pada gigi untuk secara bertahap memindahkan mereka ke posisi yang diinginkan. Kadang-kadang behel diletakkan di bagian dalam gigi, di mana behel tersebut tidak terlihat. Tapi hal itu dapat menyebabkan masalah, seperti kesulitan berbicara dan iritasi pada lidah.

Behel yang lebih lama memiliki kawat lengkungan yang terhubung dengan pita-pita metal besar yang direkatkan di sekitar masing-masing gigi. Behel saat ini memiliki kawat lengkung yang melekat pada braket mungil yang direkatkan di bagian depan gigi, dengan slot di bagian luar untuk menahan kawat. Dalam kedua jenis tersebut, sebagaimana gigi mendekat ke posisi yang diinginkan, kawat lengkungan membutuhkan penyesuaian dari waktu ke waktu untuk menerapkan tekanan terus menerus serta untuk memindahkan gigi-gigi selama interval berikutnya.

Lengkungan kawat yang lebih baru terbuat dari kawat Nitinol (nikel titanium lab ordnance naval), paduan logam nikel-titanium yang digunakan  NASA untuk melebarkan antena satelit yang dilipat selama peluncuran.

The Naval Ordnance Lab, terletak di pedesaan Maryland, didirikan pada awal 1920-an, melakukan pekerjaan yang penting dalam menangkal tambang magnetis yang diaktifkan oleh  Jerman yang  jatuhkan oleh pesawat Sekutu ke jalur pelayaran dalam Perang Dunia II. Setelah Perang Dunia II, Naval Ordnance Lab melakukan penelitian dasar pada logam, bahan peledak, terowongan angin, senjata bawah air, dan pendeteksian radiasi.

Kawat Nitinol Pada Behel

Pada suhu ruangan, Nitinol sangat fleksibel dan akan menahan konfigurasi perubahan bentuk, tetapi ketika dipanaskan kawat nikel titanium (Ni-Ti) kembali ke bentuk aslinya. Jadi, di dalam  mulut seseorang yang sedang bertemperatur panas, kawat campuran yang telah dibengkokkansepanjang gigi yang tidak merata dan terus menerus melakukan tekanan pada gigi,  kembali ke kontur sebelumnya.

Setelah menerapkan bahan etsa pada setiap gigi, yang mana mempersiapkan lapisan gigi untuk bahan pengikat yang akan menahan setiap braket pada gigi, ahli ortodontik membilas etsa dan menerapkan bahan kimia sebagai segel, kemudian menerapkan braket pada permukaan gigi. Bahan ikatan tidak mengeras, atau disetel, sampai dengan dokter gigi menyinarkan sinar ultraviolet di atasnya, hal ini memungkinkan waktu untuk penyesuaian di menit terakhir pada penempatan braket sebelum perlekatan kawat lengkungan ke braket.

Kawat lengkung yang pertama adalah bulat, tipis, dan fleksibel. Dalam kunjungan berikutnya, dokter gigi menggunakan kawat persegi panjang, kawat yang  berdiameter lebih besar. Slot kawat braket berbentuk persegi panjang, sehingga kawat persegi panjang lebih cocok dan pas ke braket serta memberikan gaya tekanan yang lebih besar. Behel umumnya dibiarkan selama kurang dari dua tahun pada anak laki-laki. Untuk menjaga gigi tetap lurus setelah pencopotan behel, orang-orang memakai retainer. Retainer menahan gigi pada posisi yang benar disaat  tulang mengisi di sekitar gigi-gigi tersebut.

Sebuah retainer atau penahan dipakai selama tiga sampai enam bulan. Kemudian dokter gigi dapat merekomendasikan memakai retainer hanya pada malam hari, terutama pada bulan-bulan berikutnya.

lampukecil-14

Sekitar 4,5 juta orang di Amerika Serikat memakai behel. Sebagian besar adalah remaja, tapi 20 persen adalah orang dewasa yang lebih tua. Beberapa tidak mampu membayar behel ketika mereka masih muda, beberapa memutuskan mereka ingin gigi yang lurus atau senyum yang lebih baik, atau memiliki dokter gigi yang merekomendasikan penggunaan behel.

Advertisements

2 thoughts on “Bagaimana Behel Bisa Membuat Gigi Anda Lurus?

  1. timbil999

    membuat orang tua Anda mendapatkan tugas kedua yaitu membayar biaya pemasangannya ^_^

    lha yen wong tuane wis mati trus piye

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s