Seberapa Cepatkah Manusia Bisa Berlari? Run..Run..Run

fast human

Gelar “Manusia Tercepat “ pernah dimiliki sprinter asal Jamaika Asafa Powell. Powell mencatatkan waktu 9.77 detik saat berlari sejauh 100 meter pada tanggal 14  Juni 2005, saat mengkuti olimpiade di Athena. Trek lari di Athena tersebut dikatakan sebagai rekor tercepat di Dunia. Pada bulan Mei 200, Powell mencapai rekor baru yaitu berlari 100 meter dengan rentang waktu 9.74 detik. Jika dikalkulasikan sekitar 23 mil per jam.

Namun rekor tersebut dikalahkan oleh seseorang, yang bahkan namanya digunakan sebagai judul sebuah film animasi. Siapakah orang tersebut ?.

Yap, namanya Bolt. Usain Bolt, merupakan pelari asal Jamaika yang berlari dengan kecepatan penuh sejauh 100 meter dan menorehkan rekor baru, 9.58 detik di Berlin pada tahun 2009. Gelar “manusia tercepat yang pernah hidup” pun berpindah tangan ke Usain Bolt. Nah kita sudah mengetahui manusia tercepat di bumi urutan no 1 dan 2, siapakah pemegang urutan no 3 ?.

Pelari asal Amerika Justin Gatlin yang pernah memenangkan medali emas  pada tahun 2005, di Summer Olympic di Athena, dengan waktu 9.85. Hal ini membuat Justin tercatatat sebagai manusia no 3 tercepat di bumi.

Rekor lainnya di pegang oleh pelari wanita Florence Griffith Joyner, yang berlari cepat sejauh 100 dan mencetak waktu 10.49 detik pada tahun 1988. Rekor tersebut membuat Joyner mendapatkan gelar “ wanita tercepat di bumi “. Sayang, Joyner meninggal pada usia yang baru berumur 38 tahun, dikarenakan  menderita gejala penyakit epilepsi.

usain bolt

Jarak 100 meter merupakan rentang panjang yang ideal bagi manusia mencapai kecepatan puncak. Jarak yang lebih dari itu akan membuat sprinter tidak berlari dengan kecepatan penuh selama perlombaan. Dan jarak yang kurang dari itu, berarti speed yang didapat hanya bagian dari proses menuju puncak kecepatan.

Rekor-rekor di atas hanyalah rekor untuk manusia tanpa adanya bantuan peralatan. Manusia tercepat yang pernah hidup adalah tiga astronot yang kembali dari bulan dengan menggunakan Apollo 10 pada 26 Mei 1969. Gene Cernan, Thomas Staffor dan Jhon Young bergerak setidaknya dengan kecepatan 11.000 meter per detik atau 39600 Km per Jam, pada saat mereka memasuki atmosfir bumi.

wah cepet banget ya, jadi inget film gravity waktu Sandra Bullock masuk ke atmostfir bumi memakai China Space Station.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s