Seberapa Dalamkah Gua Terdalam?

krubera-deep

Pada tahun 2007, sebuah tim yang terdiri dari 41 peneliti gua  melakukan eksplorasi di dalam batu kapur Arabika Massif di pegunungan Caucasus bagian barat, negara Georgia, untuk menuruni kedalaman yang baru dari sistem gua Voronja Krubera. Dua cabang berliku-liku di bawah tanah ini ditemukan mencapai 1.775 meter dan 1.920 meter , tetapi titik terdalam yaitu sebuah lubang yang  dijuluki  ‘Two Captains’ tersebut memiliki kedalaman melebihi dua kilometer, sehingga ditandai sebagai gua alam terdalam di dunia dengan kedalaman 2.191 meter . Alat penting yang biasa  digunakan untuk spelunking atau Potholin (eksplorasi gua) meliputi topi keras sebagai pelindung kepala, headlamp, pakaian anti air, termal, perlengkapan untuk memanjat dan bekal makanan utama untuk waktu ekspedisi yang lama.

krubera-mapsEksplorasi goa Krubera pada tahun 2007 tersebut terdiri dari spelunkers profesional, yang dikenal sebagai speleologis, yang tidak hanya berpengalaman pada penjelajahan gua tetapi juga merupakan spesialis di bidang ilmu gua termasuk biologi, hidrologi dan geologi. Ilmu yang mempelajari gua di sebut dengan speologi. 41 anggota tim menghabiskan total 29 hari memetakan jaringan gua, serta merekam suhu dan sampling sedimen, mikroorganisme dan speleothem  (meliputi formasi gua seperti stalakmit).

Disamping  peralatan standar berkemah, kontainer sampel dan perangkat ilmiah yang sangat tidak biasa seperti radar penembus tanah  digunakan untuk membantu merencanakan rute terbaik eksporasi ke depan. Georgia (khususnya wilayah yang disengketakan dari Abkhazia) adalah rumah bagi tiga gua terdalam di Bumi , sangat luar biasa,  dan Two Captains diketahui termasuk yang paling dalam.

Tali dan carabiner di tangan ahli pendaki sangatlah penting untuk menjelajahi kedalaman yang luar biasa ini, karena sistem Voronja-Krubera memiliki turunan air terjun berukuran besar, yang mengharuskan anda untuk merosot kebawah sejauh 152 meter

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s