Bagaimana Kita Bisa Melihat Warna?

warna-cantik

Mata adalah sebuah indera pada manusia yang sangat berharga dan membuat kita dapat menikmati keindahan dunia. Nah bagaimana kah kita dapat melihat warna?, mata manusia dan otak bekerja sama untuk melihat warna. Retina adalah struktur penginderaan cahaya yang terletak di bagian belakang mata. Pusat retina mengandung sekitar 6-7  juta sel kerucut. Sel kerucut-kerucut tersebut berbeda dan sensitif terhadap warna merah, hijau, dan biru muda.

Sel batang, terletak di pinggiran mata, sensitif terhadap cahaya redup dan menangani penglihatan pada cahaya rendah. Setiap mata mengandung sekitar 130 juta sel batang. Ketika cahaya menyentuh sel batang dan sel kerucut, perubahan kimia yang kompleks menciptakan impuls listrik yang dikirim ke otak melalui saraf optik.

Cahaya putih- ialah bagian yang terlihat dari cahaya serta berasal dari sumber-sumber seperti sinar matahari, lampu pijar, dan lampu neon, terdiri dari tujuh warna. Mereka adalah warna ROY G BIV ( red, orange, yellow, green, blue, indigo, and violet atau merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu ).  Gelombang yang lebih panjang dari merah, disebut inframerah, tidak terdeteksi oleh mata manusia.  Gelombang pendek dari violet, bernama ultraviolet, juga tidak bisa dilihat oleh mata manusia.

mata-warnaROY G BIV  ialah warna-warna  yang dinamai oleh fisikawan Inggris, Isaac Newton. Dari jumlah  tujuh warna tersebut, tiga dianggap sebagai warna primer tambahan untuk cahaya. Mereka adalah merah, hijau, dan biru. Tiga warna yang  sama ini juga digunakan dalam panel televisi berwarna dan layar warna.

Pada sekitar 1680, Newton menemukan bahwa warna tidak “dibangun di dalam” sebuah obyek. Warna merah tidak berada “di dalam” apel. Sebaliknya, permukaan apel memantulkan beberapa panjang gelombang cahaya dan merefleksikan panjang gelombang cahaya lainnya ke mata . Apel merah memantulkan cahaya merah ke mata dan menyerap enam warna yang tersisa. Kita hanya melihat cahaya yang dipantulkan. Sehingga kita mengatakan apel itu merah. Sebuah objek tampak putih jika merefleksikan semua panjang gelombang (warna). Sebuah objek berwarna hitam jika menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat. Sebuah benda kuning akan merefleksikan merah dan hijau dan menyerap biru.

Warna primer subtraktif untuk pencetakan, cat, pigmen, dan pewarna adalah cyan, magenta, dan kuning. Ini adalah tinta yang digunakan pada rol ketika mencetak  gambar berwarna di majalah dan koran. Warna-warna ini sering disebut sebagai CMYK. dimana K adalah untuk tinta hitam dan Y ialah tinta kuning.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s