Bisakah Tembok Besar China Dilihat dari Luar Angkasa?

tembok-besar-china

Hal ini umumnya dikatakan bahwa Tembok Besar China adalah satu-satunya struktur buatan manusia yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari ruang ataupun bulan. Pernyataan ini telah diabadikan dalam banyak sumber, misalnya :pertanyaan di papan permainan Trivial Pursuit, juga telah tercantum dalam buku sekolah di seluruh dunia dan dinyatakan sebagai hal yang benar-benar terjadi menurut Ed Harris dalam film tahun 1998, The Truman Show.

Salah satu aliran pemikiran, menyatakan bahwa klaim itu dibuat untuk menyampaikan betapa besar skala Tembok Besar China dan luasnya pencapaian manusia dalam bangunan tersebut. Sekarang pendapat tersebut diterima sebagai pendapat yang tidak benar.

Banyak benda buatan manusia yang berskala besar, seperti jalan raya, bandara, bangunan dan kapal, bisa dilihat dengan mata telanjang, demikian juga Tembok Besar itu sendiri, tetapi hanya dari orbit Bumi yang rendah (sampai dengan sekitar 200 mil di atas permukaan laut).

Lebar Tembok Besar China berkisar sekitar 5-10 meter, namun ketika terkana badai debu, menjadi lebih terlihat dari jarak dekat. Akan tetapi, tidak ada struktur buatan manusia sama sekali yang  terlihat dengan mata telanjang di atas ketinggian beberapa ribu mil, dan tentu saja tidak terlihat pula dari bulan, yaitu sekitar 240.000 mil jauhnya dan merupakan tempat dimana seluruh benua dan lautan nyaris tak terlihat tanpa bantuan mekanis.

Fakta-fakta ini telah dikonfirmasi oleh sejumlah astronot yang telah menjawab pertanyaan mengenai apakah Tembok Besar China dapat dilihat dari luar angkasa tanpa keraguan sedikitpun

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s