Cara Menemukan Air saat Terdampar di Pulau tak Berpenghuni

pulau tak berpenghuni

Masih inget ndak nih para pembaca sama film Cast Away nya Tom Hanks? ^_^, itu tuh.. film mengenai Tom Hanks yang terjebak di pulau tak berpenghuni, nah faktor penting saat terjebak di pulau tak berpenghuni ialah sumber makanan, salah satunya air, kenapa air sangat penting sekali kita temukan sesegera mungkin, karena tubuh kita membutuhkan asupan air agar tidak mengalami dehidrasi, berikut beberapa langkah menemukan air di pulau tak berpenghuni :

1. Mengumpulkan air hujan dalam wadah apa pun yang berguna.

Sebuah mangkuk, piring, atau helm akan berguna sebagai wadah air hujan -begitu juga dengan sekoci dan pakaian yang dibentangkan. Dalam lingkungan yang sangat kering, embun terbentuk pada permukaan saat malam. Gunakan terpal atau kain lainnya yang dibentuk menyerupai mangkuk untuk mengumpulkan air.

2. Mengumpulkan embun.

Ikat kain atau gumpalan rumput halus pada pergelangan kaki dan berjalanlah di rumput atau dedaunan saat matahari terbit. Embun akan berkumpul pada material, yang kemudian dapat diperas ke dalam wadah.

3. Menuju ke arah pegunungan

Sebuah pulau yang muncul tandus di pantai mungkin memiliki hijau-hijauan, serta bergunung-gunung, yang merupakan indikasi dari adanya aliran air tawar dan sungai. Temukan hal ini dengan mengikuti jejak vegetasi. Jangan buang terlalu banyak energi untuk mendaki atau bergerak dengan jarak yang jauh kecuali Anda relatif yakin  akan menemukan air (yang berarti bahwa tanaman hijau yang subur tidaklah  jauh).

terdampar di pulau

4. Tangkaplah Ikan

Daerah sekitar mata ikan mengandung cairan yang dapat di minum, seperti halnya duri ikan (kecuali duri ikan hiu). Menghisap mata, dan mematahkan ruas tulang belakang hingga terpisah dan menyedot cairan tersebut untuk mendapatkan air. Daging ikan juga mengandung air yang dapat diminum akan tetapi ikan  tinggi akan protein, dan proses pencernaan terhadap protein membutuhkan tambahan air, sehingga Anda lebih baik meremas ikan mentah dalam pakaian atau terpal untuk mengambil airnya.

5. Carilah kotoran burung untuk menemukan lokasi air

Pada iklim kering, kotoran burung di sekitar celah pada batu dapat mengindikasikan adanya sumber air. (Burung sering berkumpul di sekitar retakan di mana air terkumpul.) masukkan kain ke dalam celah, kemudian peras ke dalam wadah.

6. Carilah pohon Pisang

Tebanglah pohon tersebut, sehingga meninggalkan pokok pohon sekitar satu kaki tingginya. Sendok keluar pusat tunggulnya, sehingga berongga yang berbentuk seperti mangkuk . Akarnya akan terus mengisi tunggul dengan air selama sekitar empat hari. Tiga hari pertama pengisian airnya  akan terasa pahit, akan tetapi pengisian selanjutnya akan tidak terlalu pahit. Tutup tunggul untuk mencegah adanya serangga.

7. Melakukan proses perubahan air laut menjadi tawar

Untuk melakukan hal ini di butuhkan beberapa peralatan seperti wadah, terpal/plastik dan bantuan matahari untuk menguapkan air laut. Proses ini sangat bergantung pada sinar matahari, bisa di lihat pada gambar di bawah ini:

cara membuat air

Perlu Anda Perhatikan:

  • Air laut umumnya tidak aman untuk diminum; kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal. Selain itu, dua liter cairan tubuh diperlukan untuk membersihkan tubuh dari pembuangan dalam satu liter air laut. Sebagai usaha terakhir, Anda dapat minum kurang dari 32 ons air laut per hari; meskipun tidak sehat, tetapi mungkin membuat Anda tetap hidup.
  • Air hujan yang ditampung dalam sebuah wadah umumnya aman untuk diminum, wadah yang tersedia  bersih dan air tidak menggenang; setiap genangan air mampu menyediakan tempat untuk berkembang biaknya  bakteri.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Cara Menemukan Air saat Terdampar di Pulau tak Berpenghuni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s