Penjelasan Mengapa Manusia Membutuhkan Tidur?

manfaat-tidur

Asal-usul dan tujuan tidur masih belum sepenuhnya dipahami, dan para ahli telah berdebat tentang hal tersebut selama ribuan tahun. Hippocrates, misalnya, percaya tidur memungkinkan darah untuk ditarik kembali dari tubuh, sedangkan Aristoteles berpikir bahwa tidur diperlukan untuk pencernaan. Penjabaran mengenai perlunya tidur bagi tubuh ialah sebagai berikut :

Jumlah tidur yang dibutuhkan tiap orang bergantung pada usianya, dan tanpa tidur, kita dapat menjadi mudah marah dan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas normal, sedangkan periode yang berkepanjangan tanpa tidur dapat menyebabkan halusinasi dan bahkan kematian karena tidak tidur, tampaknya tidur diperlukan untuk kelangsungan hidup kita.

Ada banyak teori yang mencoba menjelaskan  fungsi dari tidur. Beberapa percaya bahwa tidur  “men-shut down-kan” dan memperbaiki neuron di otak, memungkinkan untuk meningkatkan produksi hormon dan protein yang diperlukan untuk meremajakan daerah fungsi emosional dan sosial dari pikiran kita.

Tidur juga dianggap penting untuk memperbaiki otot-otot dan jaringan tubuh, serta sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan merupakan sebuah fungsi untuk menghemat energi. Hal tersebut juga diyakini bahwa tidur menyediakan lingkungan fisik yang diperlukan bagi otak untuk memproses informasi dan mengatur pikiran kita, dan bahkan, materi yang dipelajari sesaat sebelum tidur sering lebih mudah kita ingat.

Namun, obat-obatan seperti alkohol mengubah beberapa  tahapan tidur, mengurangi manfaat yang bisa di dapatkan dari tidur.

Diperkirakan bahwa kebutuhan kita sekarang untuk tidur berasal langsung dari perilaku nenek moyang kita, yang akan beristirahat di gua-gua pada malam hari untuk menghindari predator dan karena ada sedikit hal yang bisa dilakukan selama waktu malam. Sebagai hasilnya, kita telah berevolusi untuk bergantung pada tidur.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s