Mengapa Langit Berwarna Biru?

langit-cerah

Salah satu pemandangan paling sering terlihat adalah langit yang berwarna biru, namun apa yang tidak diketahui secara luas adalah apa yang membuatnya biru. Begini penjelasannya :  Matahari memancarkan cahaya yang bergerak melalui ruang menuju Bumi. Karena ruang angkasa itu vakum (yaitu, tidak memiliki atmosfer), cahaya sebagian besar tetap tidak terganggu sampai mendekati Bumi, yang atmosfernya terdiri dari campuran beberapa molekul gas (terutama oksigen dan nitrogen) dan bahan lainnya. Semakin dekat Anda bisa mencapai ke bumi, semakin tebal atmosfer yang harus dilalui.

Cahaya matahari tampak berwarna putih akan tetapi sebenarnya merupakan kombinasi warna-warna, dan berbagai warna yang bisa dilihat oleh mata manusia mulai dari warna merah hingga ke violet, yaitu oranye, kuning, hijau, biru dan nila, yang dapat ditunjukkan ketika cahaya melewati sebuah prisma, warna yang berbeda memiliki panjang gelombang  dan energi yang berbeda, dengan ungu memiliki panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi serta merah memiliki panjang gelombang terpanjang dan energi terendah.

Sebagaimana cahaya menyentuh atmosfer bumi, warna yang berbeda bereaksi dengan cara yang berbeda. Beberapa dari mereka bisa diserap oleh molekul gas sementara yang lainnya tidak. Sebagian besar warna yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari lainnya (seperti merah dan oranye) langsung melewati atmosfer dan tidak akan terpengaruh, sementara banyak warna yang memiliki panjang gelombang lebih pendek (seperti ungu dan biru) bisa diserap oleh molekul gas, karena panjang gelombang (yaitu,jarak antara puncak gelombang masing-masing) warna tersebut  mirip dengan ukuran diameter sebuah atom oksigen.

Molekul-molekul gas kemudian memancarkan warna-warna ini dan menyebarkan mereka di langit, menyebabkan langit tampak biru.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s