Hal Apa Sajakah yang Membuat Berlian itu Bernilai Tinggi?

Berlian termahal

Semakin langka dan indah sebuah berlian, maka semakin sangat bernilai berlian itu . Kelangkaan dan keindahan sebuah berlian didasarkan pada apa yang dikenal sebagai empat C: Color, Clarity, Carat dan Cut (warna, kejernihan, karat dan potongan). Sebuah berlian yang baik seharusnya tidak berwarna. Sementara kebanyakan orang melihat semua berlian tampaknya tidak berwarna, namun beberapa berlian sering mengandung kotoran yang muncul sebagai jejak kuning atau abu-abu.

Berlian yang murni,  yang mana merupakan berlian yang paling berharga adalah berlian yang tidak berwarna dan dinilai dengan grade “D” sementara berlian yang kekuningan dinilai dengan “Z”.

Hal ini umumnya ditetapkan bahwa semakin besar kejelasan sebuah berlian, yaitu semakin jauh berlian dari noda (ketidaksempurnaan pada permukaan berlian, yang mengurangi nilainya) dan inklusi (mineral atau keretakan yang umumnya sangat sulit untuk dilihat dengan mata biasa, yang muncul ketika berlian sedang terbentuk) maka berlian tersebut semakin bernilai tinggi dan tentu saja berlian kelas D lebih langka daripada  batu kelas Z.

Penilaian berlian menggunakan karat berkaitan dengan beratnya. Satu karat sama dengan 0 2 gram. Semakin besar berlian, semakin langka berlian tersebut maka setiap tambahan karat akan menambah nilai berlian. Ada 100 poin dalam karat metrik, sehingga berlian yang beratnya 50 poin sama dengan setengah karat (0 5 ct).  Berlian yang lebih besar dari satu karat dianggap langka dan umumnya sangat berharga sekali.

Potongan berlian merupakan pengaruh manusia pada kecantikan berlian dan nilainya, serta memiliki efek langsung pada cara di mana berlian memantulkan cahaya dan mengahasilkan kilauan. Sebuah berlian yang dipotong dengan baik  akan memantulkan cahaya dari dalam hingga  keluar melalui bagian atas berlian, sementara berlian yang dipotong terlalu dalam atau terlalu dangkal akan kehilangan cahaya yang dipantulkan melalui bagian samping berlian.

Sebuah berlian yang dipotong dengan baik membuat berlian tampak lebih cemerlang, dan hal tersebut membuatnya lebih berharga. Berlian yang paling langka dan mahal, tentu saja berlian yang mampu menunjukkan masing-masing kualitas pada penjabaran di atas.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

3 thoughts on “Hal Apa Sajakah yang Membuat Berlian itu Bernilai Tinggi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s