Mengapa Jantung Kita Berhenti Saat Bersin ?

Kecepatan Bersin

Bersin dimulai dari adanya gelitikan pada saraf akhir yang memberi tahu otak agar menyingkirkan sesuatu yang mengganggu lapisan dari  hidung. Seseorang yang akan bersin, mengambil nafas yang dalam dan menahannya, terjadi pengencangan otot di dada, mata terpecam, lidah menekan bagian atas langit-langit mulut, dan kemudian “ ah cuuu”, hembusan nafas yang keluar dari mulut dan hidung dapat mencapai kecepatan 106 Km/Jam. Dan dapat menyebar hingga 1.5 meter.

Detak Jantung dimulai dari serangkaian kecil jaringan yang disebut dengan simpul sinoatrial, terletak di bagian atas bilik jantung (atrium kanan). 

Alat pacu jantung alami ini mengirim impuls elektrik menuju atria kanan dan kiri, dan kemudian fentrikel mulai melakukan detak jantung berjeda satu hingga dua detik sekali waktu.

Jantung berhenti saat bersin merupakan mitos, ini hanya terasa seakan-akan jantung kita berhenti. Tekanana yang sangat banyak mengisi ruang di dada dan tekanan yang memuncak bisa sejenak merubah ritme dari detak jantung kita dan bisa pula melompati detakan. Tapi tidak akan membuat detak jantung berhenti.

Kita bisa mendoakan orang yang bersin dengan kalimat Yarhamuk-Allah ( Semoga Allah mengampuni dirimu ). Mendoakan orang lain merupakan hal yang baik, ya kan..(^_^)V

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s