Sanca Kembang, Ular Terpanjang di Dunia

reticulated python-sanca-kembang-sanca-batik

Jika anda berfikir bahwa ular terpanjang di dunia berada yaitu ular Anaconda di Amazon, anda salah besar. Ular terpanjang di dunia ialah ular Sanca Kembang atau Sanca Batik. Berapa panjangnya?

Ular Sanca Kembang/Batik nama ilmiahnya ialah Python reticulatus, tersebar di Asia Tenggara dan banyak di temukan di Indonesia. Ular yang masih dalam keluarga ular Python ini memiliki ciri-ciri tubuh yang besar dan memiliki bobot yang berat. Ular Sanca Batik sangat pandai berenang dan dapat berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya dalam area yang berdekatan.

Ular yang tidak memiliki bisa ini membunuh mangsanya dengan melilitkan tubuhnya dengan sangat erat hingga mangsanya tidak dapat bernafas dan kemudian menelannya pelan-pelan. Sayangnya ular ini mulai berkurang jumlahnya karena maraknya ekspor kulit sanca ke luar negeri.

Lebih dari 500.000 sisik ular sanca di perdagangkan setiap tahunnya dengan area utama penghasil buruan yaitu Sumatera dan Kalimantan.

Uniknya ular ini terbilang jinak, malah saya pernah melihat penjual ular sanca kembang ini di depan sekolah saya, tapi yang kecil harganya lebih mahal daripada yang sudah berukuran satu meter, karena masih jinak dan makannya sedikit. Kalau makannya telat bisa menggigit yang punya kata penjualnya pada saya.

Ular Sanca Kembang yang terpanjang ialah 10 meter yang di temukan di Sulawesi pada tahun 1912. Ada juga catatan dari Balik Papan, Kalimantan Timur dengan panjang 6.95 meter serta di penangkaran Kansas City, Missouri, Amerika Serikat dengan ukuran 7.67 m. Ular ini dapat hidup hingga mencapai usia 25 tahun.

Sedangkan gelar ular terbesar yang pernah ada masih di pegang oleh Ular Boa ( Titanoboa cerrejonensis) yang dapat mencapai ukuran panjang 12 meter hingga 15 meter dan ketebalan tubuh 1 meter. Ular Boa memiliki berat sekitar 1.135 Kilogram.

Sayangnya ular ini sudah punah dan diperkirakan hidup 58-60 juta tahun yang lalu.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s