Fakta Bayi Mendengarkan Suara saat Dalam Kandungan

bayi-musik

Hal ini telah lama dikemukakan bahwa bayi dapat mendengar suara-suara dan musik saat mereka masih dalam kandungan, dan selama bertahun-tahun hingga saat ini beberapa ibu diketahui telah berbicara dengan anak-anak mereka yang belum lahir dan memutarkanya musik. 

Sejumlah studi kini telah dilakukan untuk menguji teori ini, termasuk salah satunya melibatkan suara rekaman yang ditangkap oleh telinga bagian dalam pada domba yang belum dilahirkan. Studi ini menemukan bahwa rahim meredam sebagian suara, kecuali pada frekuensi yang rendah; suara yang bernada tinggi yang teredam oleh rahim. Para peneliti menyimpulkan bahwa suara vokal yang dalam mungkin untuk didengarkan tetapi konsonan bernada tinggi kemungkinan besar tidak akan terdengar. Musik memiliki banyak suara bass,  oleh karena itu lebih mungkin untuk didengarkan daripada musik klasik.

Para peneliti selanjutnya menyimpulkan bahwa, walau anak-anak yang belum dilahirkan mungkin bisa mendengar melodi pembicaraan, akan tetapi definisi kata per kata akan sulit untuk didengarkan, karena adanya peredaman suara. Janin yang lebih muda dari tiga puluh minggu telah ditemukan tidak merespon setiap suara sama sekali.

Telinga janin saat berada dalam kandungan  dipenuhi oleh air, sehingga mereka mendengar melalui getaran. Hal ini membuat suara ibu adalah suara yang paling banyak didengar di dalam rahim, karena bergetar pada bayi. Hal ini diduga membentuk perkembangan anak untuk memilih bahasa ibunya dan mengenali suara ibunya.  Hal ini juga percaya bahwa bayi dapat mengenali musik yang mereka dengar secara teratur sebelum mereka lahir.

Namun, tidak ada bukti yang  telah ditemukan untuk mendukung anggapan bahwa suara-suara tertentu atau jenis musik tertentu meningkatkan kecerdasan pada bayi di dalam kandungan.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s