6 Terowongan Paling Fenomenal dan Unik di Dunia

Tunnel Channel

Terowongan merupakan sebuah sebuah lintasan tembusan yang dapat menggabungkan wilayah satu dengan wilayah lainnya, yang biasanya seluruh sisinya tertutup kecuali bagian ujung-ujungnya. Terowongan ada yang dibuat di atas tanah maupun lintasan jalan, dan juga terowongan yang di desain di bawah tanah. Model dari terowongan yang ada di dunia juga bermacam-macam.

Terowongan memiliki banyak fungsi yang memudahkan manusia, sebagai contohnya untuk lintasan kendaran maupun transportasi. Saat ini beberapa terowongan telah dikembangkan sebagai lintasan kereta api, tranportasi barang, maupun kendaraan. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa terowongan yang sangat unik dan terkenal di dunia,

1. Terowongan Laerdal yang ada di Sogn og Fjordane negara Norwegia

Lærdal Tunnel

Salah satu terowongan unik di dunia yaitu terowongan Laerdal yang ada di Norwegia. Terowongan ini sangat panjang yaitu mencapai 24,51 kilometer dan menghubungkan wilayah Lærdal hingga Aurland di Sogn og Fjordane, Norwegia. Lokasi ini letaknya kurang lebih 175 hingga 200 kilometer di utara-timur wilayah Bergen. Terowongan Laerdal merupakan jalan di dalam terowongan terpanjang di dunia, melampaui Yamate Tunnel (Jepang) di posisi kedua.

Terowongan Laerdal memiliki dua jalur yaitu European Route E16, dan dijadikan jalan penghubung ke wilayah Oslo dan juga Bergen tanpa menggunakan kapal ferry dan tanpa melalui jalanan pegunungan Alpen yang susah di musim dingin.

Saat melintasi terowongan Laerdal haruslah berhati-hati karena terowongan ini sangatlah panjang. Para pengendara membutuhkan waktu 20 menit secara monoton di dalam terowongan dan di dalam terowongan tidak terdapat jalan keluar darurat.

Norway Lærdal tunnel

Para peneliti dari tim psikologi mengetahui bahwa para pengendara dapat merasa bosan berlama-lama berkendara di dalam terowongan yang panjang sehingga sering kehilangan fokus, yang dapat mengarah pada kecelakaan. Maka dari itu, arsitektur dari terowongan ini mencoba untuk memberikan solusi agar pengendara tidak kehilangan fokus dengan cara memberikan sedikit tikungan halus di sela-sela jalan yang panjang dengan diberi desain lampu biru terang. Dan juga di setiap 6 kilometer terdapat celah yang besar untuk beristirahat dengan warna lampu biru- kuning agar pengemudi dapat merasa fresh, tetap fokus dan tidak mengantuk.

Laerdal Tunnel juga dilengkapi dengan sistem udara yang canggih, menyediakan udara bersih di dalam terowongan dan memurnikan polusi udara yang di keluarkan dari terowongan.

2. Terowongan Smuggling yang ada di negara Mexico

Smugling tunnel

Sebuah terowongan yang ada di dunia dan sangat unik antara lain ialah terowongan Smuggling alias penyelundupan. Terowongan ini dijadikan tempat rahasia karena sebagai lokasi penyelundupan barang dan juga penyelundupan orang menuju Amerika. Salah satu terowongan Smuggling yang ditemukan memiliki panjang kurang lebih 730 m yang menghubungkan sebuah gudang di Tijuana, Meksiko dengan sebuah gudang di area San Diego, Amerika. Saat terowongan ini di ketahui keberadaannya, di lokasi ini di temukan 1800 kg zat yang dilarang.

Selama beberapa tahun ini telah ditemukan 150 jalur lintasan yang mengarah ke wilayah Amerika Serikat. Kebanyakan pembuatan terowongan ini belum selesai secara maksimal namun telah digunakan dan dilengkapi dengan fasilitas yang baik seperti pencahayaan, sebuah sistem ventilasi dan ada juga yang di sertai dengan lift. Terowongan jenis ini masuk kedalam daftar fenomenal karena jumlahnya yang sangat banyak, pembuatannya yang serba tersembunyi dan sebagian besar dikerjakan secara manual.

3. Terowongan Seikan Tunnel yang ada di Jepang

Yoshioka Seikan tunnel

Salah satu terowongan terkenal di dunia yang sangat unik dan berasal dari Jepang adalah terowongan Seikan Tunnel. Terowongan ini diperuntukkan sebagai jalur kereta api, yang memiliki panjang 58,35 kilometer dengan sebagian 23,3 kilometernya berada di bawah dasar laut. Terowongan Seikan Tunnel menghubungkan wilayah Aomori Prefecture di pulau Honshu hingga menuju pulau Hokkaido.

Terowongan ini dibangun atas pertimbangan banyaknya lalu lintas kapal ferry diantara dua pulau diatas dan pembangunannya selesai pada tahun 1988. Keunikan dari terowongan ini ialah ukurannnya yang sangat panjang yaitu 58,35 dengan penggalian area bawah laut yang sangat sistematis. Para insinyur menekankan pada para pekerja untuk segera menyelesaikan konstruksinya dengan baik dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

Seikan tunnel Tsugaru street

Seikan Tunnel memegang rekor sebagai lintasan kereta paling dalam di dunia (bawah laut) dengan kedalaman 100 meter di bawah laut di tambah 240 meter dibawah dasar laut dan pemegang rekor sebagai terowongan terpanjang kedua di dunia setelah Gotthard Base Tunnel, di negara Swiss

Light Next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s