5 Langkah Cepat Ketika Handphone Anda Hilang

google find my device phone sound

4. Menuju lokasi dan selanjutnya

Segera menuju lokasi dimana smartphone anda berada, tetap tenang dan jangan panik. Setelah anda benar benar sudah di lokasi, jangan di telepon. Gunakan fitur pada Google find my device untuk membunyikan smartphone anda.

Karena opsi play sound pada Google find my device membuat handphone anda berdering dengan volume maximum selama 5 menit. Meskipun smartphone pada kondisi silent, play sound tetap membunyikannya secara nyaring. Jika seseorang di lokasi tersebut kedapatan panik karena suara nyaring dari saku atau tasnya, anda bisa menanyakan secara baik-baik apakah suara itu berasal dari handphone milik anda.

5. Langkah akhir dan ambil hikmahnya

Ini merupakan langkah yang saya pun tidak begitu menyukainya. Karena pada titik ini kita secara pasti menyadari bahwa smartphone kita positif hilang selamanya.

google find my device phone erase

Hanya tinggal usaha, yang mana kita pun merasa bahwa kemungkinan handphone kita dikembalikan pun sangatlah rendah. Setelah kita mendatangi lokasi, namun handphone kita tidak ada, entah tiba-tiba tidak aktif atau sang penemu tidak memiliki etikad baik.

google find my device phone lock

Langkah akhir adalah menghapus dan mengunci telepon via Google account dan cloud account. Anda bisa menaruh pesan yang akan muncul pada layar handphone saat di nyalakan dengan mencantumkan nomor telepon yang bisa di hubungi serta menghapus semua file di dalam smartphone anda. Tentunya jika smartphone anda masih dalam keadaan online saat dinyalakan kembali oleh si penemu.

——————————————*******————————————————–

Hal ini penulis alami sendiri, kehilangan smartphone saat baru keluar rumah. Seharusnya play sound atau menghubungi handphone.. saya lakukan saat tepat berada pada titik gps. Namun yang saya lakukan adalah menelepon handphone saat masih berada di depan gang. Dan saat saya tepat di lokasi yang hanya berbeda beberapa RT saja, handphone sudah dalam keadaan offline.

Saya mengetahui, dan sang penemu pun terkejut. Karena hanya ada interval sekitar 10 menit sejak saya kehilangan dan kemudian langsung berada di lokasi handphone, ya karena masih berada di area satu kampung. Namun, bisa di tebak kan kelanjutanya. Bahkan belum 2 menit saya ingin meninggalkan nomor telepon buat di hubungi, sang penemu enggan membukakan pintu. Uniknya, 1 jam selanjutnya handphone berpindah tangan ke saudaranya, dan masih bisa saya amati lewat fitur pelacakan di atas.

handphone sad

Yang bisa saya simpulkan dari pengalaman pribadi adalah, ada kecenderungan bagi si penemu untuk tidak mematikan handphone selama kita tidak menghubungi. Kemungkinan si penemu juga panik saat kita hubungi kemudian memilih mematikannya. Entah ia tidak ingin merasa bersalah atau melarikan diri dari kewajiban untuk mengembalikan milik kita juga bisa menjadi alasan.

Gunakanlah kesempatan menghubungi handphone anda yang sangat terbatas baik durasi dan timing secara maksimal dengan langkah-langkah di atas. Tentu tidak semua penemu beretika buruk, yaitu enggan mengembalikan barang yang berharga bagi anda. Masih ada para penemu di luar sana yang berhati mulia, yang berempati atas rasa kehilangan yang kita alami. Namun, apa salahnya mencoba melakukan cara antisipasi untuk hasil yang terbaik.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s