Ingin Otak Secerdas Einsten? Lakukan 5 Hal ini Sejak Dini

Cerdas Ilmu Matematis

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk lebih unggul dibandingkan orang lain, unggul dalam bidang pendidikan, sosial, maupun pekerjaan. Pribadi yang unggul dapat diperoleh sejak dini dengan cara meningkatkan kecerdasan. Untuk meningkatkan kecerdasan, kita bisa melakukan 5 hal ini dibawah ini sejak dini, yaitu:

1. Ciptakan rasa kasih dan sayang

Kasih sayang dari orang tua dan keluarga sangat mempengaruhi sistem kerja otak pada anak. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan kasih sayang yang tinggi sejak dini akan memiliki kecerdasan yang lebih optimal. Berikanlah pada keluarga pelukan dan ucapan kasih sayang, sempatkanlah waktu untuk selalu bertemu, dan selalu berikan senyuman pada setiap kesempatan.

2. Tumbuhkan sikap religius yang tinggi

Sejak dini setiap individu harus memiliki keyakinan yang tinggi dengan adanya Tuhan. Seseorang yang menerapkan sikap religius dengan tepat, hidupnya akan memiliki prinsip yang lebih positif. Sikap positif inilah yang akan membuat sistem kerja pada otak akan tumbuh lebih baik. Sehingga seseorang tersebut akan memiliki kecerdasan yang lebih unggul dibandingkan orang lain. Contohnya adalah ketika seseorang sudah membiasakan disiplin dalam beribadah, maka hidupnya akan lebih disiplin dan hal tersebut akan mempengaruhi kecerdasan otak.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan bergizi utama yang pertama dapat kita terima adalah ASI (Air Susu Ibu) kandungan di dalam ASI sudah mencangkup seluruh macam zat gizi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan. Mengonsumsi ASI bagi bayi selama 2 tahun memiliki banyak manfaat, antara lain kecerdasan yang lebih unggul, kedekatan emosional dengan ibu yang semakin erat, serta kekebalan tubuh pada bayi lebih tinggi. Selain mengonsumsi ASI, kecerdasan dapat ditingkatkan dengan menghindarkan anak-anak dari makanan siap saji atau yang lebih dikenal dengan Junk Food. Makanan tersebut tidak mencukupi kadar gizi yang dibutuhkan dalam diri, sehingga zat besi untuk membantu pertumbuhan otak akan berkurang.

4. Berikan lingkungan yang baik dan tenang

Seorang anak akan senang dengan permainan dan keadaan yang menyenangkan. Berikan lingkungan yang baik dan tenang untuk anak melakukan semua aktifitas yang menunjang kecerdasan. Berikan buku-buku yang menarik, permainan yang mengasah otak, dan lingkungan yang lebih mencintai alam.  Hindarkan kebiasaan menonton TV atau bermain gadget secara berlebihan. Hal-hal yang menyenangkan dan tenang akan membuat sistem kerja otak lebih baik sehingga kecerdasan akan lebih tinggi.

5. Temukan hobi dan kebiasaan yang bermanfaat

Dalam diri setiap individu pasti memiliki bakat unggul yang terpendam dan wajib kita salurkan. Seseorang yang memiliki hobi dan kebiasaan positif dapat meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga akan memudahkan otak untuk selalu berfikir dengan baik. Hal tersebut jika berlangsung secara kontinyu akan membuat otak bekerja lebih maksimal sehingga kecerdasan akan dapat dioptimalkan. Contohnya adalah bermain musik, ketika seorang anak memiliki hobi bermain alat musik, hal tersebut akan meningkatkan sistem kerja otak sebelah kanan dengan santai dan tenang. Menurut penelitian juga ditemukan bahwa dengan bermain musik atau melakukan hobi yang menarik akan meningkatkan intelligence quotient dan prestasi sekolah anak lebih baik.

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s