Belajar Pintar dengan 8 Cara Super

Majestic bookBelajar merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua pelajar yang sedang menjalani masa studi. Tidak semua menyukai kegiatan belajar karena oleh beberapa orang dianggap merupakan salah satu kegiatan yang membosankan. Namun ada cara belajar yang menyenangkan dan dapat kalian terapkan agar mendapat nilai yang maksimal, yaitu:

1. Catatlah

Mencatat materi pelajaran yang sedang diajarkan pada buku catatan, catatlah keterangan-keterangan yang dapat membantumu ketika sedang belajar di rumah. Catat dengan tulisan yang rapi dan jelas karena tulisan yang tidak jelas akan membuat malas belajar. Rangkumlah materi penting yang ada di bukumu, mungkin mencatat dianggap hal yang sederhana, namun dengan kita rajin mencatat sama halnya dengan kita membaca materi tersebut secara berulang.

2. Berikan tanda

Berikanlah tanda yang menarik pada tulisan yang sedang kamu catat, atau pada buku materimu. Tanda tersebut memudahkan kamu untuk menemukan kata penting dan membantumu mengingat apabila ujian sedang berlangsung, sehingga otakmu akan lebih tajam dalam menghafal tanda yang telah diberikan. Bisa menggunakan tanda dengan warna, gambar atau motif yang menarik untuk dibaca, hiaslah dengan indah catatan yang kamu punya.

3. Buat peta konsep

Buatlah peta konsep pada materi yang sedang diajarkan,dengan membuat peta konsep sederhana akan membuat kamu memahami secara penuh materi yang akan kamu pelajari. Hal tersebut membantumu untuk mengingat kata kunci dalam pemahaman materi. Peta konsep hanya berisi konsep-konsep penting dan sederhana sehingga akan mudah untuk dihafal dan dipahami walaupun orang lain yang akan membacanya.

4. Tanya jawab

Lakukan tanya jawab pada teman atau guru yang sedang mengajarkan materi tersebut, proses komunikasi ini menunjukkan bahwa kamu memahami materi yang diberikan. Selain itu proses tanya jawab juga membuatmu lebih yakin pada pemahaman yang di dapatkan. Tanya jawab bisa juga melalui diskusi kelompok kecil, dan dengan keadaan yang lebih santai agar materi juga tidak terkesan kaku.

Learning study

5. Metode mengingat

Berikanlah metode unik dalam mengingat sebuah kata penting, bisa kamu ganti kata sulit tersebut menjadi kata yang mudah untuk dibaca dan mudah diingat. Contohnya adalah warna pelangi yang sangat panjang akan sulit untuk dihafalkan namun apabila menyingkat kata depannya saja akan lebih mudah untuk mengingatnya –Mejikuhibiniu-

6. Atur waktu belajar

Pilih waktu belajar yang menyenangkan, hindari waktu yang sangat lama dan merasa tertekan dengan sebuah pelajaran, karena hal tersebut akan mempengaruhi proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak dan lakukan lagi belajar dengan pikiran yang tenang. Jangan paksakan keadaanmu yang sedang lelah untuk tetap melanjutkan membaca, karena hal itu merupakan tindakan yang kurang maksimal.

7. Pilih tempat yang nyaman

Tempat juga berpengaruh dalam proses pembelajaran yang baik dan benar, apabila tempat yang kamu gunakan nyaman maka akan meningkatkan pemahaman materi yang sedang kamu pelajari.

8. Berdoa

Untuk memperlancar proses belajar yang sedang kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa, karena dengan berdoa semuanya akan menjadi lebih mudah.

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s