Pulau Komodo, Melihat Habitat Kadal Terbesar Di Dunia

Pulau Komodo Dragon

Pulau Komodo adalah salah satu Pemenang New Seven Wonder dalam kategori keajaiban alam. Satu-satunya habitat kadal terbesar di dunia hanya berada di Pulau Komodo, Indonesia. Setelah di nobatkan sebagai New 7 Wonder Taman Nasional Pulau Komodo menjadi destinasi wisata internasional yang semakin ramai di kunjungi.

Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang di pisahkan oleh selat Sape. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Modang, dan pulau pulau yang berukuran kecil lainnya.

Di kawasan Taman Nasional Komodo terdapat ribuan Komodo yang bisa anda kunjungi bersama pemandu atau pawang Komodo. Perilaku kadal terbesar di dunia ini mungkin akan memberikan pengalaman berbeda dalam aktifitas travelling anda. Untuk melihat aktifitas binatang ini anda harus trekking di pulau ini, ada beberapa macam tawaran untuk trekking di Pulau Komodo, yaitu Short, Medium, Long, atau Adventure. Panjang jalur trekking adalah dari 1km – 8km, tergantung mana yang inggin anda pilih.

Keindahan Komodo Island

Jika anda memilih yang Long atau Adventure, anda akan di ajak berjalan untuk melewati hutan, menyeberangi sungai, dan menyusuri perbukitan-perbukitan yang indah. Tetapi jika anda hanya memilih trekking yang short maka perjalanan anda akan berakhir di sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan teluk yang juga sangat indah. Dalam jalur trekking anda akan di antarkan pemandu untuk mendaki sebuah gunung yang tingginya sekitar 538 Meter, gunung ini bernama Gunung Ara.

Pemandangan dari atas gunung ini sungguh sangat mengagumkan sekali. Untuk mengambil foto seekor Komodo bisa anda lakukan jika anda sampai pada Water Hole atau tempat minum dan beristirahat Komodo, atau anda juga bisa mengabadikan moment Komodo yang sedang berteduh di bawah pohon-pohon.

Komodo

Karena Komodo juga merupakan reptil yang berbahaya karena memiliki bisa yang beracun, maka jika anda berkunjung ke tempat ini wajib menggunakan jasa Guide atau Pawang Komodo. Saat anda trekking nantinya anda akan di bekali dengan sebuah tongkat yang ujungnya bercabang dua seperti ketapel. Kayu ini merupakan kayu dari sebuah pohon yang bisa menangkal serangan komodo. Saat tiba-tiba Komodo menyerang anda bisa mengarahkan tongkat bercabang itu ke leher Komodo, maka serangan Komodo akan melemah saat itu juga.

Untuk pengalaman travelling yang berbeda apa salahnya jika anda mengunjungi Pulau Komodo untuk merasakan sensasi berdekatan langsung dengan kadal terbesar di dunia ini.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s