Surga itu adalah Ranu Kumbolo

Keindahan Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Lumajang atau tepatnya lokasi danau ini ada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berada di ketinggian kurang lebih 2.300 meter dari permukaan laut sehingga menjadikan danau ini memiliki suhu yang dingin, bahkan jika cuaca ekstrem suhu di Ranu Kumbolo bias mencapai minus 40C. Ranukumbolo memiliki luas sekitar 15 hektar.

Ranu Kumbolo adalah surga Gunung Semeru begitu para pendaki menyebutnya. Awal dari perjalanan pendakian ke Gunung Semeru pastinya para pendaki akan bermalam di danau ini. Untuk mencapai danau ini di perlukan waktu sekitar empat jam dari pos perijinan Ranu Pane. Setelah sampai di danau ini para sahabat backpaker akan melihat hamparan danau yang luas dengan warna air yang biru dan di kelilingi hutan semeru yang sangat menakjubkan. Tuhan mungkin sangat tersenyum untuk menciptakan hamparan danau yang sangat menakjubkan ini. Ranu Kumbolo adalah tempat paling indah di kawasan G.semeru.

jika para pendaki berjalan menuju campground, sahabat backpaker akan melihat  bunga Eidelweis tumbuh indah di sekitar pinggiran danau ini. Bunga yang sangat indah dan langka. Ranu Kumbolo merupakan salah satu sumber mata air yang paling besar di semeru. Pengisian air untuk perbekalan menuju puncak semeru juga bias di lakukan disini, air di Ranu Kumbolo bisa langsung di minum atau di masak dahulu.

Panorama Ranu Kumbolo

Jika para sahabat backpacker telah sampai di danau ini perlu di ingat peraturan yang sudah tertulis dalam tata tertip pendakian menuju G.Semeru. yaitu, para pendaki di larang mandi di atau berenang di danau, dilarang menggunakan zat zat kimia untuk mencuci peralatan memasak karena akan mencemari air danau, dan para sahabat backpacker di haruskan mendirikan tenda sekitar 15m dari bibir danau.

kebersihan serta kelestarian Ranu Kumbolo adalah tanggung jawab kita bersama agar anak cucu kita nanti masih dapat melihat betapa mekjubkannya ciptaan tuhan berupa Danau Ranu Kumbolo. Pesan untuk para sahabat backpacker agar tetap membawa kembali sampah, jangan pernah meninggalkan sesuatu kecuali jejak dan kenangan. Selamat travelling para sahabat backpacker. Oh iya.. judul artikel di atas hanyalah sebuah kiasan lho ya, hanya untuk menggambarkan betapa indahnya pemandangan disana hehehe.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s