Panorama Gunung Bromo yang Eksotis

Gunung Bromo

Gunung yang sangat cantik ini berada di antara empat kabupaten. Bromo masuk dalam kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan juga Lumajang. Wisata Gunung Bromo adalah destinasi wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur. Selain itu, Gunung Bromo juga merupakan gunung yang paling sering di kunjungi di Indonesia.

Pemandangan Gunung Bromo sendiri terdiri atas lautan pasir yang sangat luas, seperti sebuah lembah dengan fitur yang terkesan seperti hamparan gurun. Terlihat juga Gunung Batok yang berdiri di samping Bromo, dan nampak dari jauh adalah Gunung Semeru, yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung yang memiliki lingkaran kawah yang sangat luas dan aktif ini sangat di sucikan oleh Penduduk Suku Tengger.

Upacara keagamaan yang bernama Yadnya Kasada atau biasa di sebut Kasodo adalah sebuah upacara yang di diadakan satu tahun sekali. Warga suku tengger melakukan upacara ini tepat pada saat bulan purnama yang jatuh pada tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo. Bulan kasodo sendiri ada di dalam penggalan Jawa. Upacara ini adalah upacara yang tidak boleh sampai di lewatkan oleh para traveler, jika ingin mengetahui kebudayaan warga suku tengger di Gunung Bromo. Ada sebuah pura yang di bangun dan berdiri di kaki Gunung Bromo, di pura inilah upacara itu dilakukan.

Padang Pasir Gunung Bromo

Gunung Bromo mempunyai tempat untuk melihat munculnya matahari terbit, yaitu di sebuah bukit yang berjarak sekitar 8km dari kawah Gunung Bromo yaitu bukit Pananjakan. Jika para traveler datang dari kota Pasuruan maka jarak tempuh dari pos tiket sekitar 1 jam. Di atas bukit panjakan para traveler akan di manjakan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dari sini para traveler akan melihat lembah padang pasir yang luas yang di tengahnya berdiri Gunung Bromo yang terlihat berbentuk seperti kawah yang luas, di sampingnya berdiri Gunung Batok dengan latar bukit yang berjajar. Semeru juga berdiri kokoh di belakang. Para turis lokal dan turis mancanegara akan berkumpul di sini, biasanya sekitar jam 4 subuh untuk menanti terbitnya matahari. Pananjakan adalah spot yang paling di favoritkan untuk mengambil foto matahari terbit dan pemandangan Gunung Bromo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s