Lebih Dekat dengan Gunung Everest yang Megah

Gunung Everest adalah tempat tertinggi di dunia. Bila dilihat dari jauh, ia tampak tenang dan indah. Tapi Gunung Everest adalah tempat terpencil dengan angin bersalju yang kencang. Angin seringkali mencapai kecepatan lebih dari 200 mil (300 kilometer) per jam.

EverestGunung Everest ada di utara India, tepatnya di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Puncaknya adalah bagian dari pegunungan Himalaya raksasa. Ketinggian resmi Gunung Everest adalah 29.035 kaki (8.850 meter) di atas permukaan laut.

Gunung Everest pertama kali dihitung menjadi gunung tertinggi di dunia pada tahun 1852, tepatnya selama Survei Trigonometri India. Gunung itu dinamai sesuai nama George Everest. Dia adalah mantan jenderal-penjelajah survei. Tetapi gunung ini juga memiliki nama lain, yang diberikan jauh sebelumnya oleh orang-orang Tibet. Mereka menyebutnya Chomolungma. Ini berarti Ibu Dewi Dunia. Orang Nepal menyebutnya Sagarmatha, yang berarti Dewi Langit.

Pegunungan ini telah lama menantang banyak orang yang memiliki semangat petualangan. Semakin tinggi atau sulit puncak, semakin banyak orang ingin mendakinya. Gunung Everest adalah salah satu tantangan terbesar bagi para pendaki gunung. Baru pada tahun 1920, Tibet memberi izin pada para pendaki gunung untuk mendakinya. Rute Tibet ini membentang dari utara dan timur. Upaya awal untuk mencapai puncak gagal. Tapi pendaki segera belajar dari kegagalan mereka. Mereka membawa serta makanan, bahan bakar, pakaian, dan peralatan terbaik untuk menaklukkan Gunung Everest.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s