Penyakit yang Terkait dengan Bakteri

Selain virus, bakteri juga merupakan salah satu sumber penyakit manusia. Bakteri bisa ditemukan di mana-mana, dari makanan yang kita konsumsi setiap hari hingga tempat-tempat yang biasa kita datangi. Sama halnya dengan virus, bakteri juga tak kalah menakutkannya.

BakteriBakteri adalah organisme bersel tunggal yang terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop yang kuat. Dalam kebanyakan kasus, sel bakteri tunggal berbentuk seperti bola, batang, atau spiral. Bakteri berbentuk bola disebut kokus. Bakteri berbentuk batang disebut basil. Dan bakteri spiral dapat berbentuk seperti koma (vibrio), atau spiral kaku dan tebal (spirillum), atau bisa juga berbentuk spiral fleksibel dan tipis (spirochete). Banyak bakteri berbentuk batang dan spiral ditutupi dengan tonjolan mirip rambut.

Bakteri dari semua bentuk dasarnya diketahui bisa menyebabkan penyakit. Jenis kokus adalah penyebab radang tenggorokan dan demam rematik, infeksi “staph”, dan beberapa bentuk pneumonia. Jenis basil menyebabkan penyakit TBC, demam tifoid, dan botulisme (sejenis keracunan makanan yang mematikan). Jenis vibrio menyebabkan keracunan makanan dan kolera. Dan jenis spirochete menyebabkan penyakit Lyme dan penyakit yang menular seksual, sifilis.

Yang perlu diketahui, tidak semua bakteri bersifat patogen. Bakteri yang tidak berbahaya berkerumun pada kulit dan dalam mulut serta saluran pencernaan. Beberapa dari mereka bahkan membuat vitamin yang dapat digunakan tubuh. Tapi ketika bentuk patogen masuk ke dalam tubuh, mereka dapat menyebabkan penyakit. Banyak infeksi bakteri mempengaruhi bagian tertentu dari tubuh. Meskipun demikian, infeksi bakteri yang tidak diobati dapat menyebar ke aliran darah.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s