Waspadai Bahaya Penyakit Sifilis

Sifilis adalah penyakit yang biasanya menyebar melalui kontak seksual. Organisme sifilis, Treponema pallidum, adalah bakteri spirochete, atau berbentuk spiral. Spirochete sifilis tidak dapat hidup di permukaan yang kering, melainkan hanya dapat hidup dalam kehangatan dan kelembaban. Jadi seseorang hampir tidak mungkin terkena sifilis dari objek yang disentuh penderita sifilis. Cara yang paling umum dari infeksi sifilis adalah melalui kontak dengan luka sifilis terbuka pada organ seks dari orang yang terinfeksi.

SyphilisPada beberapa tahun pertama, sifilis dapat menyebabkan berbagai gejala yang datang dan pergi. Gejala itu dapat berupa luka dan ruam pada kulit, demam, sakit tenggorokan, mual, dan radang mata. Setelah itu, gejala akan pergi, namun tidak berarti penyakit itu hilang, melainkan menjadi laten, atau memasuki tahap tidak aktif. Kadang-kadang penyakit ini akan tetap berada dalam tahap tidak aktif selama sisa hidup seseorang. Namun seringkali penyakit datang kembali dan melakukan lebih banyak kerusakan.

Ketika sifilis menyerang hati, penyakit ini dapat menghancurkan beberapa jaringan jantung. Dinding arteri utama dapat melemah, dan pada akhirnya bisa pecah, dan menyebabkan kematian.

Banyak gejala yang berbeda dapat terjadi ketika sifilis menyerang otak atau sumsum tulang belakang. Ketika saraf dari mata ke otak rusak, orang tersebut secara bertahap akan menjadi buta. Saraf lainnya dapat rusak dan penderitanya akan mengalami kesulitan berjalan. Kadang-kadang tangan dan kaki mereka akan menjadi mati rasa. Penderita juga bisa mengalami kesulitan mengingat dan berpikir. Sifilis dapat dhentikan di tahap awal dengan antibiotik. Tapi kerusakan yang sudah dilakukannya pada tubuh tidak dapat diperbaiki.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s