Kaitan Virus dengan Penyakit

Penyakit adalah suatu gangguan pada struktur atau fungsi tubuh. Penyakit bisa saja membuat seseorang sakit secara fisik atau mental. Tentu saja, penyakit dapat membatasi kegiatan seseorang, atau bahkan dapat menyebabkan kematian.

VirusPenyakit bisa datang kapan saja, tak peduli siapa Anda. Yang harus kita sadari, virus merupakan salah satu penyebab utama berbagai macam penyakit. Keterkaitan virus dengan penyakit sudah dipelajari oleh banyak orang selama bertahun-tahun lamanya.

Virus jauh lebih kecil dari bakteri. Bahkan, virus begitu kecil hingga tidak bisa dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Hanya mikroskop elektron yang bisa memberikan perbesaran cukup untuk menunjukkan bentuk virus.

Virus adalah bentuk paling sederhana dari kehidupan. Virus terdiri atas inti asam nukleat dan mantel luar protein. Inti berisi petunjuk untuk membuat virus baru.

Virus tidak bisa hidup sendiri. Mereka menyerang sel dan mengubahnya menjadi pabrik virus kecil. Sel-sel yang terinfeksi mulai membuat partikel virus baru yang bisa keluar dan menginfeksi sel-sel baru.

Banyak sekali jenis penyakit manusia yang disebabkan oleh virus. Penyakit-penyakit tersebut antara lain flu biasa dan flu berat, cacar air, campak, gondok, Ebola, dan AIDS. Yang lebih mengerikan, virus juga terkait dengan beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks dan kanker hati tertentu. Virus kanker adalah momok yang mengerikan. Para ilmuwan sedang mencari cara untuk membasmi virus kanker yang telah merenggut nyawa banyak orang.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s