Mempelajari Struktur Bakteri

Kebanyakan bakteri memiliki dinding pelindung tebal di sekitar selnya. Lapisan kaku ini, yang terbuat dari bahan kimia yang unik untuk bakteri, serta memberikan bentuk pada sel bakteri. Membran sel terletak di dalam dinding sel. Di dalam membran sel ada semua molekul dan cairan penting yang diperlukan sel untuk melanjutkan proses hidupnya.

BakteriTidak seperti organisme hidup lainnya, substansi sel bakteri tidak terkandung dalam inti atau badan sel. Sebaliknya, bahan penting itu tersebar di seluruh sel. Bahan-bahan ini meliputi gen -unit dasar hereditas yang dapat mentransfer sifat organisme ke generasi berikutnya.

Struktur khusus dapat ditemukan pada beberapa bakteri. Struktur ini memungkinkan bakteri untuk bertahan hidup di lingkungan khusus. Beberapa bakteri membuat lapisan lendir yang lengket, atau kapsul, di sekitar dinding sel mereka. Lapisan ini memungkinkan bakteri untuk menempel pada permukaan. Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi menempel pada permukaan gigi dengan kapsul lengket ini. Kapsul ini juga memungkinkan beberapa bakteri untuk menghasilkan penyakit, seperti pneumonia.

Beberapa bakteri memiliki ekor panjang seperti cambuk yang disebut flagela, yang keluar dari sel mereka. Flagela bisa berfungsi seperti baling-baling perahu motor dan membantu bakteri bergerak dengan gerakan renang. Bakteri bergerak untuk mencari makanan, udara, atau cahaya yang mereka butuhkan untuk tumbuh.

Tabung lurus yang disebut pili atau fimbriae juga terlihat pada beberapa bakteri. Struktur mirip rambut ini membentuk perbatasan atau pinggiran di sekitar sel. Fimbriae membantu bakteri menempel pada permukaan, seperti sel-sel di leher kita. Jenis khusus dari pili dapat mentransfer gen dari satu sel bakteri ke yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s