Apa yang Perlu Anda Tahu Tentang Keju?

Siapa yang tak mengenal makanan lezat yang satu ini. Ya, keju adalah salah satu makanan yang terbuat dari susu. Keju mungkin lebih populer dibandingkan susu di banyak tempat di dunia, tetapi keju memiliki banyak nutrisi yang sama seperti susu. Ratusan jenis keju telah dinikmati oleh orang di seluruh dunia.

KejuAsal pembuatan keju tidak diketahui jelas, tetapi referensi untuk itu bisa ditelusuri kembali hingga berabad-abad silam. Salah satu kisah mengklaim bahwa seorang pedagang Arab mencicipi susu yang telah mengental dalam kantong kulit kambing. Dadih keju itu membuatnya senang, dan makanan baru pun ditemukan.

Keju disebut dalam Alkitab, dikisahkan oleh Homer dan banyak sarjana dari Yunani dan Romawi kuno. Dari latar belakang kuno ini, ratusan jenis keju telah dikembangkan di seluruh dunia. Empat jenis utama dari keju adalah keju lunak, semi lunak, keras, dan sangat keras. Keju lunak, seperti krim keju atau Brie, dapat menyebar seperti mentega. Stilton, Limburger, Monterey Jack, dan keju semi lunak lainnya dapat dipotong dengan mudah, bahkan ketika dingin.

Jenis keju yang paling populer adalah keju keras. Ada beberapa jenis keju Swiss, seperti Gruyère -yang umumnya dibuat di Perancis- dan Emmental. Keju cheddar kadang-kadang dinamai sesuai nama tempatnya dibuat, seperti cheddar Wisconsin, Vermont, atau Selandia Baru. Parmesan dan Romano adalah contoh keju yang sangat keras. Keju ini sering diparut dan digunakan dalam masakan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s