Yak, Sapi Liar dari Tibet yang Bongsor dan Eksotis

Yak adalah sapi liar Asia. Binatang ini mendiami dataran tinggi Tibet yang kering dan dingin. Yak biasanya hidup di daerah yang tingginya lebih dari 16.000 kaki (4.870 meter) di atas permukaan laut. Yak memiliki tinggi lebih dari 6 kaki (1,8 meter) sampai bahu. Tapi mereka sering merendahkan kepalanya hingga hidungnya hampir menyentuh tanah. Berat yak berkisar dari 1.100 sampai 1.200 pound (499-544 kilogram).

Yak

Yak ditutupi dengan bulu hitam atau hitam kecoklatan. Bulu panjang dan halusnya ada di bahu, panggul, dan ekor. Yak lincah meskipun perawakannya bongsor. Mereka dapat menyelip ke bawah lereng es dan meluncur di antara bebatuan terjal. Mereka juga dapat merenangi sungai deras. Jika dipaksa untuk mempertahankan diri, mereka akan menyeruduk dengan marah. Sayangnya perburuan yak liar secara berlebihan telah menempatkan hewan ini dalam bahaya kepunahan.

Yak domestik sering disebut sapi mendengus karena suara yang ia buat. Yak domestik adalah hasil dari banyak generasi pembiakan yang hati-hati. Seringkali mereka berwarna putih atau belang, bukan hitam seperti yak liar. Yak domestik lebih kecil dan lebih jinak daripada yak liar. Yak domestik memiliki banyak manfaat. Sebagai hewan pengangkut, mereka dapat membawa beban berat sejauh 20 mil (32 kilometer) sehari.

Di Tibet, yak dipakai untuk mengangkut wisatawan dan surat. Hewan ini juga memberikan susu yang kaya. Dagingnya bisa dikeringkan atau dipanggang untuk makanan. Bulu lembut yak digunakan untuk membuat kain, sedangkan bulu kasarnya digunakan untuk tikar dan penutup tenda. Pelana, cambuk, sepatu, dan barang lainnya bisa dibuat dari kulit yak. Ekor lebat yak domestik digunakan sebagai pengusir lalat pada prosesi upacara di India. Ekor ini juga digunakan sebagai hiasan untuk makam atau tempat pemujaan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s