Susu, Makanan Alami Paling Sempurna?

Catatan awal sering menyebutkan penggunaan masyarakat terhadap susu dan produk susu. Pada tahun 1922, sebuah ekspedisi Inggris-Amerika menemukan sebuah kuil di dekat Babel. Kuil ini diperkirakan berusia 5.000 tahun, dan di salah satu dindingnya ada adegan pemerahan. Dalam Alkitab, susu menjadi simbol kekayaan dan kemakmuran. Orang Palestina digambarkan sebagai negeri yang baik karena “mengalir dengan susu dan madu.”

SusuApa itu susu, dan mengapa susu penting dalam sejarah manusia? Susu adalah cairan putih yang dihasilkan oleh hewan betina berdarah panas untuk memberi makan anak-anaknya. Hewan yang menghasilkan susu disebut mamalia. Darah dipompa dari jantung ke ambing (kelenjar susu). Kelenjar susu mampu memisahkan zat yang berbeda dari darah dan menggabungkannya untuk membuat susu.

Susu disebut sebagai makanan alami yang paling sempurna. Susu menyediakan semua nutrisi (zat bergizi) yang diperlukan bayi manusia dan mamalia muda lainnya untuk pertumbuhan sampai mereka bisa makan makanan lain. Tapi dari zaman kuno, orang terus minum susu melampaui masa bayi. Mereka menikmatinya, dan mereka tahu bahwa susu menyediakan sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik.

Hari ini sapi dan kambing adalah hewan utama yang memasok susu untuk digunakan manusia. Tetapi orang-orang juga menggunakan susu dari beberapa hewan lain asli daerah asal mereka. Di Asia, unta, kuda, dan yak adalah sumber susu. Orang Inuit dan orang-orang dari Lapland menggunakan susu karibu dan rusa.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s