Tentang Djibouti, Negara Kecil Afrika

Djibouti adalah negara yang sangat kecil di pantai timur laut Afrika. Pernah dikenal sebagai French Somaliland, negara ini mendapat kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1977. Sebagian besar tanahnya adalah gurun dengan sedikit sumber daya alam, Djibouti adalah negara miskin. Ekonominya didasarkan pada jasa dan perdagangan, yang mencerminkan lokasinya yang strategis di jalur pelayaran antara Laut Mediterania dan Samudera Hindia.

DjiboutiDua kelompok utama penduduk Djibouti adalah mayoritas Issa dan Afar. Orang Issa terkait dengan orang-orang dari negara tetangga, Somalia. Orang Afar terkait dengan orang-orang di negara tetangga, Ethiopia. Hampir semuanya adalah Muslim. Berbagai kelompok imigran dari nenek moyang yang lebih baru juga tinggal di kota Djibouti, ibukota negara dan kota terbesar.

Bahasa Perancis, Somalia (diucapkan oleh orang Issa), Afar, dan Arab adalah beberapa bahasa yang digunakan oleh orang Djibouti. Hampir 80 persen dari orang Djibouti tinggal di daerah perkotaan. Sisanya sebagian besar adalah orang nomaden, yang berdagang dengan negara-negara tetangga dan membesarkan unta, domba, dan kambing.

Kota Djibouti adalah sebuah kota pelabuhan, ibukota negara dan kota besar, dan rumah bagi dua pertiga dari penduduknya. Djibouti adalah republik, presiden adalah kepala negaranya. Anggota legislatif, Kamar Deputi unikameral, dipilih untuk masa jabatan 5 tahun. Perdana menteri ditunjuk oleh presiden.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s