Mengenal Penyakit Poliomyelitis Atau Polio

Poliomyelitis adalah nama medis untuk penyakit polio, yang juga dikenal sebagai kelumpuhan kanak-kanak. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh virus yang tertelan. Individu yang terinfeksi mengeluarkan virus polio lewat kotoran mereka, yang kemudian akan mendarat di tangan mereka dan akan menyebar ke orang lain.

PoliomyelitisDalam salah satu bentuk polio, virus menyerang otak dan sumsum tulang belakang dan menghancurkan sel-sel saraf tertentu. Akibatnya, beberapa otot kehilangan pasokan saraf mereka dan menjadi lumpuh.

Polio terutama merupakan penyakit anak-anak. Karena polio dapat membuat otot lumpuh seumur hidup atau bahkan menyebabkan kematian, polio pernah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti.

Di tahun 1950, vaksin polio muncul. Vaksin ini dikembangkan oleh Dr. Jonas E. Salk. Beberapa tahun kemudian, vaksin kedua, yang dikembangkan oleh Dr. Albert B. Sabin, juga muncul. Vaksin Sabin memberikan perlindungan yang kuat melawan penyakit dan bentuk vaksin polio oral yang paling umum digunakan. Namun, banyak bayi kini menerima vaksin versi Salk yang diperkuat, yang diberikan sebagai suntikan.

Jumlah kasus polio di Amerika Serikat telah menurun sejak ditemukannya vaksin pertama. Tapi penyakit ini belum lenyap seluruhnya dari seluruh dunia. Masih ada beberapa wabah polio di negara-negara lain, tetapi peningkatan penggunaan vaksinasi dapat mengakhiri wabah polio dalam beberapa tahun mendatang.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s