Bentang Alam dan Iklim Zambia

Banyak dari wilayah Zambia terdiri atas dataran tinggi dengan ketinggian rata-rata 3.000 sampai 5.000 kaki (900 sampai 1.500 meter). Di timur laut ada Pegunungan Muchinga yang menjulang lebih dari 7.000 kaki (2.100 meter). Di kedua sisi pegunungan ini ada daerah rendah, yakni rawa-rawa Bangweulu dan Lembah Chambezi Valley di barat dan Lembah Luangwa Valley di timur.

ZambiaSungai Zambezi mengalir hampir ke selatan melalui Zambia dekat perbatasan barat. Wilayah ini disebut Barotseland. Daerah ini sangat datar hingga menjadi rawa saat musim hujan. Sungai Zambezi kemudian berbelok ke arah timur, membentuk perbatasan selatan negara ini. Sungai ini bisa dilayari di atas Air Terjun Victoria sejauh Mongu.

Air Terjun Victoria, dinamai sesuai nama Ratu Inggris Victoria, ada di perbatasan Zambia dengan Zimbabwe. Ini merupakan salah satu tempat wisata utama Zambia. Danau Kariba juga ada di perbatasan Zimbabwe, yang merupakan salah satu danau buatan terbesar di dunia. Dibuat oleh Kariba Dam, danau ini menyediakan tenaga listrik bagi industri pertambangan penting Zambia.

Iklim Zambia dimoderatori oleh elevasi tinggi. Ada tiga musim di sana: dingin dan kering, panas dan kering, dan basah dan hangat. Suhu berkisar dari titik rendah sekitar 60 °F (16 °C) pada musim dingin hingga titik tinggi sekitar 90 °F (32 °C) pada musim panas. Curah hujan rata-rata Zambia adalah sekitar 32 inci (813 milimeter) per tahun.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s