Perekonomian Negara Djibouti

Sebagian besar tanah Djibouti tidak dapat dibudidayakan dan hanya ada sedikit industri, kecuali beberapa industri pengolahan makanan dan konstruksi. Djibouti mengekspor sejumlah barang buatan lokal dan mengimpor sebagian besar makanan.

Negara DjiboutiSebagian besar pendapatan Djibouti berasal dari sektor jasa dan perdagangan. Negara ini menyediakan layanan pelabuhan dan transportasi untuk daerah. Djibouti juga menerima barang yang dikirim dari negara-negara luar dan mengirimkannya ke pelabuhan yang lebih jauh. Pusat kegiatan mereka ada di bandara dan pelabuhan Djibouti, dan jalur kereta api yang menghubungkan Addis Ababa, ibukota Ethiopia, dengan pelabuhan Djibouti.

Banyak impor dan ekspor dari daratan Ethiopia yang terkurung melewati Djibouti menggunakan kereta api dan pelabuhan Djibouti. Sumber pendapatan lain meliputi garnisun militer Perancis dan AS. Djibouti juga menerima bantuan keuangan dari Perancis dan negara-negara lain.

Tantangan ekonomi terbesar Djibouti adalah mengatasi kemiskinan rakyatnya. Kemiskinan sudah serius dan meluas dan semakin besar di daerah pedesaan ketimbang di ibukota. Hampir setengah dari orang Djibouti hidup di bawah garis kemiskinan, yang berarti mereka tidak mampu mendapat makanan, perumahan, pendidikan, dan kesehatan yang cukup.

Angka pengangguran sangat tinggi, secara resmi lebih dari 50 persen. Anak laki-laki lebih banyak daripada anak perempuan di sekolah-sekolah di negara itu, menempatkan perempuan pada posisi yang kurang menguntungkan dalam mencari pekerjaan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s