Fakta Tentang Argentina dan Penduduknya

Argentina adalah negara terbesar kedua di Amerika Selatan. Luas dan populasi negara ini hanya kalah dari Brazil. Namanya berasal dari bahasa Latin yang berarti “tanah perak.” Nama ini berasal dari penjelajah Eropa awal, yang melihat orang Indian setempat memakai perhiasan perak dan berpikir bahwa daerah itu kaya akan logam mulia.

Argentina fansBeberapa waktu kemudian mereka mengetahui bahwa perak itu berasal dari Peru, lebih dari 1.600 kilometer jauhnya. Kekayaan alam nyata Argentina terletak pada tanah yang subur, yang membantu menjadikannya salah satu negara Amerika Selatan yang paling makmur.

Argentina adalah negara yang sangat kontras, baik masyarakatnya, yang memiliki asal-usul bervariasi, maupun alamnya. Di ujung selatan ada pulau Tierra del Fuego. Nama ini berarti “tanah api” dalam bahasa Spanyol. Tapi pulau-pulau tersebut sebenarnya dingin, daerah terpencil di mana penguin berkembang biak. Sebaliknya, Gran Chaco, di utara, adalah daerah panas, daerah subtropis yang sangat berhutan. Gunung-gunung Andes yang menjulang tinggi membentuk sebagian besar wilayah barat. Di timur membentang dataran Pampas yang luas dan terbuka.

Sebagian besar orang Argentina adalah keturunan Eropa. Sisanya adalah orang mestizo (keturunan campuran Eropa dan Indian). Ada juga beberapa orang Indian totok dan orang-orang keturunan parsial Afrika. Para pemukim Eropa pertama adalah orang Spanyol. Mereka mulai menjajah wilayah ini pada tahun 1500-an. Orang Indian yang mereka temui sebagian besar adalah pemburu nomaden. Perkawinan dari orang Indian dan Spanyol menciptakan populasi mestizo. Hari ini orang Indian tersisa hidup terutama dalam daerah terisolasi.

Gelombang besar pemukiman Eropa terjadi antara pertengahan dekade 1800-an dan awal dekade 1900-an. Saat itu, lebih dari 6 juta imigran tiba di negara ini. Orang Argentina keturunan Spanyol dan Italia sekarang adalah yang paling banyak. Tapi ada juga keturunan pemukim Perancis, Swiss, Austria, Jerman, dan Inggris. Dan ada beberapa keturunan Eropa Timur dan Asia. Imigrasi akhir-akhir ini berasal dari negara-negara tetangga Amerika Selatan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s