Sekilas Fakta Tentang Dunia Arab

Sebutan “Arab” mengacu pada orang-orang yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa asli mereka. Orang-orang Arab berasal dari gurun yang sekarang menjadi Arab Saudi. Negara ini menempati sebagian besar Semenanjung Arab yang luas. Namun, kesan bahwa orang Arab masih orang gurun -Badui atau nomaden- tidaklah akurat. Kebanyakan orang Arab saat ini adalah penduduk kota. Orang nomaden membentuk kurang dari 5 persen dari populasi Arab, yang berjumlah sekitar 300 juta.

ArabDunia Arab membentang di seluruh Afrika Utara dan mencakup sebagian besar negara-negara di Timur Tengah. Adapun beberapa negara Timur Tengah non-Arab adalah Iran, Turki, Israel, dan Siprus. Negara-negara di dunia Arab meliputi Aljazair, Arab Saudi, Bahrain, Djibouti, Irak, Komoro, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Mesir, Oman, Qatar, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania,.

Selain itu, sekitar 2,7 juta orang Arab Palestina tinggal di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jalur Gaza. Wilayah ini telah diduduki oleh Israel sejak Perang Arab-Israel tahun 1967. Hampir 1 juta orang Arab hidup di Israel sendiri. Lebih dari 10 juta orang Arab juga telah berimigrasi ke bagian lain dari dunia. Sekitar 3 juta orang keturunan Arab hidup di Amerika Serikat. Di Eropa, Perancis memiliki sekitar 5 juta orang Arab. Ada juga penduduk Arab yang cukup besar di Spanyol dan Belanda.

Orang-orang Arab adalah orang yang beragam. Tapi ada unsur-unsur dasar yang menghubungkan sebagian besar dari mereka, yang paling penting darinya adalah agama Islam dan bahasa Arab, serta budaya dan sejarah yang terkait dengan mereka.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s