Tentang Zambia dan Peduduknya

Zambia adalah negara di Afrika selatan tengah. Zambia adalah negara yang terkurung daratan dan berbatasan dengan delapan negara lainnya. Zambia sebelumnya adalah koloni Inggris yang dikenal sebagai Rhodesia Utara. Negara ini mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1964. Zambia mengambil namanya dari Sungai Zambezi yang mengalir melalui bagian barat daya negara itu.

Orang ZambiaPenduduk Zambia yang berjumlah lebih dari 10 juta orang terdiri atas 70 kelompok etnis yang berbeda. Kebanyakan dari mereka adalah bagian dari keluarga besar Bantu Afrika Selatan. Salah satu bangsa Bantu utama, Lozi (atau Barotse), tinggal di barat daya. Orang Lozi beternak sapi, mencari ikan di Sungai Zambezi, dan bercocok tanam.

Orang Bemba tinggal di utara. Mereka adalah petani yang mempraktekkan pertanian berpindah. Dalam metode budidaya tradisional ini, tanah dibersihkan dengan cara dibabat dan kemudian semak belukar dibakar. Perbatasan timur adalah rumah dari orang Chewa. Mereka adalah petani yang juga memelihara hewan ternak.

Populasi Zambia juga mencakup beberapa orang Eropa, terutama asal Inggris. Ada juga orang-orang Asia, sebagian besar merupakan keturunan India. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Zambia. Dari lebih dari 70 bahasa Afrika yang berbeda, bahasa Bemba, Kaonda, Lozi, dan Lunda adalah yang paling banyak digunakan.

Sebagian besar penduduk Zambia adalah pemeluk Kristen, termasuk Protestan dan Katolik Roma. Ada juga banyak pemeluk Islam dan Hindu. Beberapa orang Zambia mempraktekkan agama tradisional Afrika.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s