Bentang Alam dan Iklim Kashmir

Memasuki Kashmir dari selatan, orang pertama kali akan melintasi dataran Punjab yang sempit. Setelah itu ada daerah perbukitan yang dikenal sebagai Outer Himalaya, di mana ketinggian berkisar dari 2.000 sampai 4.000 kaki (600 sampai 1.200 meter). Utara jauh adalah pegunungan tinggi yang dikenal sebagai Lesser Himalaya. Masih lebih jauh ke utara adalah Great Himalaya, di mana tinggi beberapa puncaknya melebihi 25.000 kaki (7.600 meter).

KotliVale Kashmir terletak di antara Lesser dan Great Himalaya, di ketinggian sekitar 5.200 kaki (1.600 meter). Di Kashmir utara adalah puncak dari pegunungan Karakoram, di mana terletak K2 (Gunung Godwin Austen) yang terkenal, gunung tertinggi kedua di dunia. Gunung ini tingginya 28.250 kaki (8.611 meter) di dekat perbatasan China.

Beberapa sungai besar India dan Pakistan bermula di Kashmir atau melewatinya, seperti sungai Indus, Jhelum, Ravi, dan Chenab. Danau Wular dan Dal di Vale digunakan untuk memancing. Dal Lake dikenal karena masyarakat perahunya.

Dataran Punjab dan pegunungan selatan memiliki iklim subtropis lembab. Di bagian yang tinggi dari pegunungan Himalaya dan Karakoram, iklim berkisar dari subarktik ke kutub. Di antara dua titik ekstrem ini ada banyak variasi iklim karena perbedaan elevasi dan efek perisai dari pegunungan. Bagian paling basah, di sepanjang lereng selatan pegunungan Outer dan Lesser Himalaya, menerima curah hujan 40 sampai 80 inci (1.000 sampai 2.000 milimeter) setahun. Bagian paling kering berada di wilayah dataran tinggi Ladakh.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s