Serba Serbi Tanah Air Albania

Hampir tiga perempat dari wilayah Albania adalah pegunungan. Gunung tertinggi adalah Gunung Korab, setinggi 2.763 meter di timur laut Albania. Wilayah utara pegunungan sangat terpecah-pecah. Di bagian selatan negara itu, pegunungan lebih bulat dan sering membuka ke lembah luas nan subur.

Gunung AlbaniaAlbania memiliki tiga danau besar, yakni Scutari, di utara serta Ochrida dan Prespa di tenggara. Sungai di negara itu pendek, cepat, dan tidak bisa dilayari atau digunakan oleh kapal-kapal, kecuali untuk jarak pendek. Namun sungai-sungai ini merupakan sumber penting pembangkit listrik tenaga air yang memasok banyak listrik Albania.

Sekitar seperempat dari lahan Albania berhutan. Hutan oak atau scrub ditemukan di selatan, sementara pohon-pohon pinus, poplar, dan cokelat tumbuh di sepanjang sungai dan di berbagai ketinggian.

Albania memiliki sejumlah sumber daya mineral berharga. Negara ini merupakan salah satu produsen kromit (bijih kromium) terkemuka di dunia. Deposit mineral lainnya antara lain minyak bumi, batubara, tembaga, nikel, dan aspal.

Dataran rendah pesisir dan sabuk berbukit memiliki iklim Mediterania, biasanya ditandai dengan musim dingin yang ringan dan musim panas yang cerah. Angin dingin yang disebut bora kadang-kadang berhembus dari pegunungan ke dataran rendah. Gunung-gunung memiliki iklim benua. Musim panas di sini sejuk dan musim dinginnya sangat dingin dan bersalju. Curah hujan bisa dibilang cukup meski kadang-kadang tidak menentu.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

One thought on “Serba Serbi Tanah Air Albania

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s