Sekilas Tentang Daratan Pulau-pulau Fiji

Pulau-pulau besar Fiji berasal dari gunung berapi. Pegunungan terjal membentang ke pulau-pulau seperti tulang punggung. Puncak tertingginya adalah Gunung Tomaniivi, yang memiliki tinggi mencapai 4.344 kaki (1.324 meter) di Viti Levu.

FijiSungai yang mengalir ke laut memotong lembah dalam bersisi curam di seluruh pedalaman Viti Levu. Pantai Viti Levu dikelilingi oleh batu karang. Di sana ada banyak pelabuhan yang baik, seperti pelabuhan Suva, pelabuhan utama Fiji.

Kebanyakan pulau-pulau kecil Fiji berbeda dari Viti Levu dan Vanua Levu. Pulau-pulau rendah itu terdiri atas karang. Pulau-pulau itu juga memiliki pantai pasir putih yang berkilauan, pohon-pohon kelapa, serta laguna sejernih kristal.

Suhu rata-rata Fiji jarang berada di atas 80 °F (27 °C) atau di bawah 73 °F (23 °C). Suhu menjadi agak dingin di pedalaman pegunungan pulau-pulau besar.

Pulau tinggi seperti Viti Levu dan Vanua Levu memiliki sisi basah dan kering. Sisi basah mendapat angin kuat dari lintang -angin tenggara. Sisi kering menerima hujan dari bulan Desember hingga Maret. Periode waktu ini adalah ketika angin kuat bertiup dari barat laut.

Variasi curah hujan menyebabkan perbedaan besar dalam hal vegetasi dari satu sisi ke sisi pulau lainnya. Sisi basah biasanya ditutupi dengan hutan tropis yang lebat. Daerah terkering seringkali ditutupi oleh rumput ketimbang pohon.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s