Hal-hal Menarik tentang Zambia

Para antropolog percaya bahwa Zambia sudah dihuni sejak 500.000 tahun yang lalu. Tetapi sedikit yang diketahui tentang penduduk awalnya. Salah satu orang Eropa pertama yang mencapai daerah itu adalah David Livingstone, seorang misionaris Skotlandia. Dia menjelajahi daerah itu antara tahun 1851 dan 1873.

Negara ZambiaZambia kaya akan sumber daya alam, tetapi sebagian besar rakyatnya sangat miskin. Banyak warga Zambia menganggur, berpenghasilan sangat rendah, dan tidak bisa mencapai tingkat gizi, tempat tinggal, kesehatan, dan kebutuhan lainnya yang memadai.

AIDS telah mengambil banyak nyawa orang Zambia. Rata-rata, harapan hidup orang-orang Zambia hanya sampai 35 tahun. Hal ini sangat jauh dibandingkan dengan umur rata-rata lebih dari 75 tahun bagi orang-orang yang tinggal di negara-negara kaya, seperti Jepang.

Kebanyakan orang Zambia adalah petani. Tanaman pangan utamanya adalah jagung, sorgum, dan singkong (akar tepung). Tebu, tembakau, kacang tanah, kapas, dan jagung juga ditanam secara komersial. Pertambangan dan pengolahan tembaga merupakan industri Zambia yang paling penting. Lainnya meliputi konstruksi, pengolahan makanan dan minuman, bahan kimia, tekstil, dan pupuk.

Tembaga adalah ekspor utama dan menjadi setengah sumber pendapatan ekspor Zambia. Ketika harga tembaga jatuh, perekonomian Zambia akan terpuruk. Zambia juga mengekspor kobalt, listrik, dan tembakau. Lebih dari 40 persen orang Zambia tinggal di kota besar dan kota kecil. Lusaka, ibukota dan kota terbesar, memiliki lebih dari 1 juta penduduk. Ndola dan Kitwe adalah dua kota terbesar lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s