Mengenal Kehidupan Penduduk Yaman

Republik Yaman muncul pada tahun 1990. Negara ini diciptakan dari persatuan dua bekas negara bagian Yaman yang independen, yakni Republik Arab Yaman (sering disebut sebagai Yaman Utara) dan Republik Demokratik Rakyat Yaman (juga dikenal sebagai Yaman Selatan).

Orang YamanKebanyakan orang Yaman adalah orang Arab. Bahasa mereka adalah bahasa Arab dan hampir semua penduduknya adalah pengikut agama Islam. Sebagian besar orang Yaman di pegunungan utara mengikuti aliran Zaidi (atau Zaydi), cabang Syi’ah. Mereka yang tinggal di dataran rendah utara dan selatan mengikuti aliran Sunni.

Masyarakat Yahudi telah tinggal di Yaman selama sekitar 2.000 tahun, dan jumlah mereka pernah mencapai 50.000 jiwa. Sejak tahun 1948, sebagian besar dari mereka telah meninggalkan Yaman menuju Israel dan tempat lainnya. Kini hanya ada beberapa ratus orang Yahudi yang tersisa di negara itu.

Secara historis, sebagian besar orang-orang di Semenanjung Arab adalah nomaden atau semi-nomaden. Mereka mengikuti jalur yang usiaya sudah berabad-abad untuk mencari air dan padang rumput untuk unta dan kambing mereka. Namun orang Yaman mempertahankan cara hidup yang lebih menetap. Mereka mendapatkan mata pencaharian dari perdagangan, pertanian, dan peternakan.

Penduduk Yaman secara luas tersebar. Hanya ada sekitar empat kota dari berbagai ukuran yang signifikan. Sebagian besar dari mereka tinggal di ribuan desa-desa kecil, rata-rata setiap desa hanya memiliki beberapa ratus penduduk.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s