Sekilas Fakta Tentang Kesultanan Oman

Kesultanan Oman (sebelumnya Muscat dan Oman) adalah sebuah negara di Timur Tengah, yang sering disebut sebagai salah satu “tempat yang paling kurang dikenal dan jarang dikunjungi di bumi.” Selama bertahun-tahun, para penguasanya menolak pengaruh luar dan perubahan. Tapi penemuan minyak dan program modernisasi yang ambisius dari sultan baru membantu mengakhiri isolasi itu.

Kesultanan OmanKebanyakan penduduk Oman adalah orang Arab. Populasi non-Arab sebagian besar merupakan keturunan Iran, India, dan Pakistan. Sebagian besar dari penduduk Oman adalah Muslim. Kota-kota utama Oman adalah Masqat, ibukota dan kota terbesar, dan Matrah, keduanya terletak di pantai Teluk Oman.

Oman terletak pada lengkungan lebar di sepanjang pantai tenggara Semenanjung Arab. Ada dua daerah subur utama, yaitu Batina, dataran pantai sempit di timur laut, dan daerah Dhofar di selatan. Wilayah pedalaman Oman sebagian besar terdiri atas pegunungan dan gurun. Iklim Oman sangat kering dan panas, dengan suhu mencapai 130 °F (54 °C). Hanya beberapa daerah yang cocok untuk pertanian.

Sebelum minyak ditemukan pada tahun 1960-an, sebagian besar orang Oman bertani dan beternak. Kurma, buah-buahan, dan biji-bijian adalah tanaman utama. Tapi minyak sekarang mendominasi perekonomian dan sejauh ini menjadi komoditas ekspor terkemuka. Karena banyak orang telah meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan di kota-kota, Oman sekarang harus mengimpor pangan. Peran Oman di dunia telah meningkat karena minyak dan lokasinya yang terletak di rute laut utama dari ladang minyak Timur Tengah.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s