Sejarah Singkat Afghanistan yang Penuh Konflik

Afghanistan adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Tengah barat. Secara historis, daerah ini telah menjadi persimpangan yang menghubungkan China, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Nama resmi negara ini adalah Republik Islam Afghanistan.

AfghanistanSelama berabad-abad wilayah ini mengalami migrasi, perdagangan, dan invasi dari pihak luar. Hal ini menciptakan masyarakat yang bangga dan independen dari berbagai ras, kelompok suku, dan bahasa. Tapi pergolakan politik dan perang selama bertahun-tahun mendatangkan bermacam penderitaan, kelaparan, dan kemiskinan bagi mayoritas warga sipil Afghanistan.

Pada dekade 1900-an, pendudukan Afghanistan oleh Uni Soviet (1979-1989) dan perang saudara di antara berbagai kelompok suku Afghanistan melemahkan pemerintah pusat. Negara-negara tetangga, terutama Pakistan dan Iran, menjadi lebih berpengaruh dalam urusan internal Afghanistan.

Pada tahun 1996, Taliban, kelompok Islam radikal, memperoleh kontrol atas sebagian besar Afghanistan. Tapi pada tahun 2001, Amerika Serikat dan sekutunya menggulingkan Taliban yang menyembunyikan amggota-anggota kelompok teroris Al Qaeda. Al Qaeda bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat yang menewaskan kurang lebih 2.977 orang.

Afghanistan kemudian dipimpin oleh pemerintah sementara yang didukung oleh PBB sampai tahun 2004, ketika diadakan pemilihan presiden langsung pertama. Hamid Karzai berhasil menjadi presiden pertama Afghanistan yang terpilih secara demokratis pada tanggal 7 Desember 2004.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s