Flu Burung dan Awal Penyebarannya

Avian influenza, juga disebut flu burung, adalah penyakit menular pada unggas yang kadang-kadang ditularkan pada manusia. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A. Unggas air, seperti itik liar, burung laut, dan burung pantai, secara alami membawa virus ini, namun umumnya tidak mengembangkan penyakit itu sendiri.

Flu BurungAkan tetapi, unggas-unggas domestik yang terinfeksi, seperti ayam, kalkun, dan itik, cenderung mengembangkan bentuk penyakit yang fatal dengan cepat. Sejumlah manusia meninggal dunia akibat flu burung.

Setelah flu burung masuk ke kawanan unggas, virus ini dapat menyebar dengan cepat. Virus menyebar melalui kotoran unggas yang terinfeksi dan melalui air, pakan, dan peralatan yang terkontaminasi seperti kandang dan truk yang digunakan untuk mengangkut unggas.

Tidak ada pengobatan untuk flu burung. Vaksinasi membantu mengurangi gejala penyakit pada unggas namun nyaris tidak bisa mencegah penyebaran flu burung. Ternak yang terinfeksi biasanya dibunuh untuk mencegah penyebaran penyakit.

Wabah flu burung pertama yang diketahui terjadi di Hong Kong pada tahun 1997. Sejak saat itu, beberapa wabah terjadi, terutama di China, Thailand, dan Vietnam, dan telah mengakibatkan pemusnahan jutaan unggas peliharaan. Sebagian besar kasus flu burung pada manusia berasal dari kontak dengan unggas yang terinfeksi atau permukaan yang terkontaminasi.

Para pejabat kesehatan mengkhawatirkan kemungkinan pandemi (terjadi di seluruh dunia) dari penyakit ini. Mereka memonitor secara ketat wabah flu burung untuk mengetahui setiap transmisi ke manusia. Pada tahun 2005, para ilmuwan mengembangkan dan menguji vaksin flu burung untuk digunakan pada manusia ketika wabah ini menyerang.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s